TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bulan Bakti Pramuka, Pemkot Tangsel Kukuhkan Scout Community

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 01 Agustus 2023 | 19:56 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) secara resmi telah memulai rangkaian Bulan Bakti Pramuka 2023. 

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie di Puspemkot Tangsel, Selasa (1/8/2023). 

Selain menjadi awal bergulirnya peringatan Bulan Bakti Pramuka dengan sederet rangkaian kegiatan menarik, kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai momen pengukuhan pengurus Tangsel Scout Community yang diketuai oleh Dadang Raharja, yang juga menjabat sebagai Asisten Daerah I Kota Tangsel. 

"Jadi ini adalah kemeriahan pramuka, Kwartir Cabang (Kwarcab) Tangerang Selatan yang didorong oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga sebagai majelis pembimbing cabang maka dibentuklah Scout Community," ujar Benyamin. 

Benyamin menerangkan, melalui Scout Community ini diharapkan agar gerakan Pramuka dapat semakin meluas dan dicintai masyarakat.  

"Komunitas ini nanti ada dari dunia pers, rescue, dan sebagainya, ini yang saya harapkan. Gerakan Pramuka akan menemukan ruhnya yang lain selama ini dikenal dengan pramuka yang teknik kepramukaannya sudah kita ketahui dan sekarang melebar kepada apa yang disukai oleh masyarakat," ungkap Benyamin. 

Selama ini, lanjut Benyamin, gerakan Pramuka di wilayah termuda se-Provinsi Banten ini sudah menunjukkan tajinya. Meski zaman telah berkembang dan berubah sedemikian rupa. 

"Dahsyatnya pramuka dalam setiap perubahan zaman selalu bisa menyesuaikan diri. Tidak pernah terdengar suara ada organisasi kepramukaan yang dibubarkan karena tidak sesuai dengan zamannya. Tapu selalu mereka bisa menyesuaikan diri. Modalnya adalah, karena itu tadi. Kakak dan adik, kedekatan itu. Jadi demikian yang terjadi pada kepramukaan. Ini modal dasar dalam pembinaan," terangnya. 

Lebih lanjut Kepala Dispora Kota Tangsel, Mursinah mengatakan, Bulan Bakti Pramuka pada tahun ini akan dimeriahkan oleh sederet rangkaian menarik. 

"Kita rangkai kegiatan banyak lomba-lomba termasuk kita mengukuhkan Scout Community. Ini soft launching. Ada lomba jurnalistik, ada senam, dan lain sebagainya termasuk rescue, lalu ada juga Porseka," paparnya. 

Selain itu, kesempatan ini juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk mengenang jasa para veteran yang dahulu telah berjuang demi Kemerdekaan. 

"Kita peduli Veteran, kita ajak untuk memberi support pemikiran atas pejuang kita yang selama ini membantu khususnya dalam hal Kemerdekaan," tuturnya. 

Pada peringatannya kali ini, lanjut Mursinah, pihaknya menekankan nilai kebersamaan kepada para insan pramuka. 

"Nilai kolaborasi, kebersamaan. Yakin bahwa Tangsel begitu dinamis, komperehensif, strategis, kompetitif dan majunya Tangsel kita bisa maju di situ," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo