TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Membanggakan! Siswa Asal Labschool Cirendeu Terpilih Ikuti Jambore Tingkat Dunia di Korsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 02 Agustus 2023 | 08:21 WIB
Rayya siswi asal Labschool Cirendeu mengikuti Jambore di Korea Selatan. (Ist)
Rayya siswi asal Labschool Cirendeu mengikuti Jambore di Korea Selatan. (Ist)

CIPUTAT TIMUR, Rayyana Amaluna Suha Abidin, siswi asal SMA Labschool Cirendeu telah mengukir prestasi yang sangat membanggakan. Ia menjadi salah satu siswi yang terpilih menjadi perwakilan Indonesia untuk mengikuti ajang Jambore Dunia XXV di Sae ManGeum, Korea Selatan 1 - 12 Agustus 2023 mendatang.

Tak tanggung-tanggung, pelajar kelahiran 12 Maret 2006 ini terpilih menjadi Ketua Kontingen Putri Labschool Cirendeu dalam ajang tingkat dunia ini.

Rayya–begitu biasa Ia dipanggil, bercerita, dirinya sudah mulai tertarik dengan dunia Kepramukaan sejak sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Kemudian melanjutkannya kembali di bangku SMA saat ini.

"Sebelumnya dimulai dari awal ketertarikan aku ke Dewan Ambalan, itu Organisasi Kepramukaan di Labschool Cirendeu. Di situ aku ditawarin dan Alhamdulillah kemarin aku terpilih, itu ada pemilihannya juga jambore, sebenarnya secara gak langsung mewakili Tangsel," ujar Rayya, pelajar yang kini duduk di bangku kelas XII.

Banyak hal yang Ia sukai dalam dunia Kepramukaan. Mulai dari pembelajaran tentang bertahan hidup, hingga manfaat lain yang Ia dapat saat mengikuti Kepramukaan.

"Sebenarnya Pramuka itu, its a simple thing. Tapi mewakili kehidupan. Apa? Karena di sini kita belajar tentang how to survive, kaya di sini gimana kalau kita hidup di hutan lalu apa yang kita harus lakukan. Itu yang buat aku tertarik, betapa pentingnya how to survive itu," ungkap Rayya.

Selain itu, melalui ilmu Kepramukaan ini Ia juga banyak belajar untuk dapat berbicara di hadapan orang banyak.

"Salah satunya juga di bidang public speaking. Jadi aku juga bisa untuk merepresentasikan sekolah aku, negara aku, dan untuk menyuarakan suara aku gitu," tuturnya.

Ia mengakui, sempat mengalami sejumlah kendala. Terutama perasaan grogi yang acap kali dirasakannya. Namun, hal itu justru dijadikan pemicu baginya untuk dapat terus belajar.

Selain itu di sisi lain, Rayya selalu memanfaatkan waktu luangnya untuk terus berlatih.

Kalau kendala mungkin, agak nervous dikit. Karena pertama kalinya di bidang pramuka ini mewakili Indonesia, tapi aku jadiin itu untuk pembelajaran aku," jelasnya.

"Kalau persiapan, kita dari Labschool itu kurang lebih sudah dari setahun lalu, kira-kira Juni awal. Terus setiap Senin kita latihan. Misalkan tentang tali temali, berenang, survival itu semua kita ada persiapannya," kata Rayya.

Ia berharap, agar semua persiapan dan latihan yang telah dilakukannya selama ini dapat berbuah manis. Perjalanan Rayya ke Negeri Ginseng ini merupakan suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Bahkan sebelum ini, Sulung dari tiga bersaudara dari pasangan Zaenal Abidin dan Retno Sari ini telah mengukir segudang prestasi lain yang bikin geleng-geleng kepala.

Rayya pernah menjadi peserta student exchange Australia 2018 at Kedron State High School, Brisbane. Lalu juga peserta Winter Program University of Sydney, Australia June, 2023. Kemudian juara 1 Traditional Dance (folklore) La Vista Italy International Festival Competition 2019, dan masih banyak lainnya.

Tak sampai di situ, Rayya kini juga telah mendapat beasiswa untuk meneruskan kuliahnya di luar negeri. Bahkan Ia dapat menentukan sendiri universitas yang akan ditujunya nanti.

"Aku menjadi penerima beasiswa Indonesia Maju. Program persiapan kuliah nanti. Aku dapat beasiswa. Untuk kampusnya itu bebas, jadi aku bisa milih di manapun yang penting kita keterima, dapet letter of acceptance. Aku personally sih mau di Universitas Johns Hopkins di USA, untuk major-nya itu public health," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo