TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dihadapan Ribuan Mahasiswa, Airin Tekankan Pentingnya Pancasila

Laporan: Irma Permata Sari
Jumat, 18 Agustus 2023 | 19:29 WIB
Airin Rachmi Diany hadir sebagai Narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). (Ist)
Airin Rachmi Diany hadir sebagai Narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB). (Ist)

SERANG, Tokoh Perempuan, Airin Rachmi Diany hadir sebagai Narasumber pada kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Jumat (18/8).

Memasuki tempat pelaksanaan, Airin disambut ribuan mahasiswa baru FKIP Untirta dengan tepuk tangan gemuruh. Dalam kesempatannya, Airin menekankan peran Pancasila dalam perwujudan anak muda.

“Adek-adek (Mahasiswa -red), atau generasi Z dan tentunya kita akan melihat Pancasila dalam perwujudan anak muda. Bisa menjaga mental health, Kesehatan mental menjadi penting bagi generasi muda karena kondisi hari ini tidak semudah apa yang dihadapi oleh orang tua kita dulu,” ujarnya.

Menurut Airin, penerapan Pancasila bisa menjadi solusi untuk menjaga mentalitas anak muda dalam menjalankan perannya. Sebagai generasi bangsa, kata Airin, yaitu dengan menerapkan sila ketuhanan yang maha esa dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

Airin menambahkan, Pancasila juga berbicara tentang Skena yang sedang hits dibahas oleh kalangan anak muda saat ini, yaitu sua, cengkrama, dan berkelana.

“Manusia adalah makhluk sosial, kita harus berkomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi, bisa menerapkan sila Persatuan Indonesia dan Demokrasi,” terang Airin.

Selain itu, kata Airin, terdapat Commitment Issue atau Comsu yang bisa dilakukan untuk memahami penerapan keadilan sosial seluruh rakyat Indonesia.

“Bicara soal Comsu, bukan hanya soal hubungan dengan pacar, tapi juga memahami soal menerapkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dengan perwujudan perilaku kita sehari-hari untuk terus berbuat kebaikan,” jelasnya.

Sebelumnya, Airin mengatakan bahwa penting belajar dan mengamalkan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dimana, kata Airin, saat ini kita tinggal di Negara Indonesia dengan damai bukanlah perjuangan yang mudah, ada proses yang panjang dalam perjuangan meraih kemerdekaan.

“Pentingnya memahami tujuan Bangsa dan Negara, agar kita bisa tahu bagaimana Negara ini dijalankan dan sedang mengarah kemana,” imbuhnya

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo