TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ingin Kurus Tanpa Olahraga, Coba Lakukan 6 Cara Ini

Oleh: Mg.1
Minggu, 17 September 2023 | 09:00 WIB
Ilustrasi. Foto : Ist
Ilustrasi. Foto : Ist

SERPONG - Bagi sebagian orang, berolahraga mungkin sulit untuk dilakukan. Meski begitu, terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan tanpa harus berolahraga. 

Beberapa cara ini diyakini efektif untuk menurunkan berat badan. Tak hanya itu, cara ini juga dapat mencegah penambahan bobot tubuh di kemudian hari. 

Berikut 6 cara yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan:

1. Tidur cukup dan hindari stres

Tak dapat dimungkiri, banyak orang yang mengabaikan jam tidur dan belum mengerti dampak dari stres. Padahal, kedua hal tersebut berdampak terhadap nafsu makan seseorang dan berat badannya. 

Kekurangan tidur dan stres, dapat meningkatkan rasa lapar sehingga tubuh membutuhkan asupan kalori yang lebih tinggi. Jika kurang tidur dan stres, seseorang dapat memiliki risiko beberapa penyakit seperti diabetes dan obesitas. 

2. Minum air putih dengan teratur

Meminum air putih, terlebih apabila dilakukan sebelum makan, ternyata mampu mengurangi makan dan menurunkan berat badan. Sebab, meminum air putih sebelum makan dapat mempengaruhi rasa kenyang seseorang. 

3. Mengunyah makan dengan baik

Semakin baik seseorang dalam mengunyah makanan, makanan akan diproses oleh tubuh dengan lebih lambat sehingga membuat rasa kenyang dapat tinggal lebih lama. Seseorang juga akan terbiasa untuk makan dalam porsi yang lebih sedikit daripada biasanya. 

Seseorang yang makan dengan lambat, memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih rendah dibanding orang yang makan dengan cepat.  

4. Konsumsi protein

Protein mampu mempengaruhi beberapa hormon yang dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Berdasarkan penelitian, orang yang menjalani diet protein tinggi mampu menghilangkan berat badannya secara signifikan. 

Beberapa contoh makanan yang kaya akan protein yaitu dada ayam, ikan, lentil, dan almond. 

5. Makan makanan kaya serat

Makanan yang kaya akan serat, mampu meningkatkan rasa kenyang bertahan lebih lama. Makanan ini mampu membantu menurunkan berat badan lantaran bisa membuat rasa kenyang bertahan dan mengurangi asupan makanan. 

Serat kental tersebut bisa ditemukan pada makanan nabati seperti, kacang-kacangan, sereal gandum, kubis, asparagus, dan jeruk.

6. Makan menggunakan piring kecil

Jika menggunakan piring yang lebih kecil, pikiran seseorang dapat terkelabui sehingga membantunya makan lebih sedikit dengan membuat porsi yang terlihat banyak.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo