TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kompetisi Sengit, Empat Kecamatan Bersaing di Cabor Futsal Porkot Tangsel

Oleh: Mg.2 (Jay)
Selasa, 07 November 2023 | 16:11 WIB
Foto : Mg.2 (Jay)
Foto : Mg.2 (Jay)

PAMULANG - Hari kedua dari pertandingan cabang olahraga (cabor) futsal pada Pekan Olahraga Kota (Porkot) Tangerang Selatan (Tangsel) 2023 berlangsung dengan meriah di Lapangan Pamulang Community Center, Selasa (7/11/2023).

Sekretaris Umum Asosiasi Futsal Kota Tangerang Selatan, Muchlis Purnama Jaya, menyatakan bahwa ada total empat kecamatan yang bertanding untuk kategori putra.

“Dari tujuh kecamatan yang ikut Serpong, Serpong Utara, Pamulang, sama Setu. Sedangkan tiga kecamatan dari Ciputat, Ciputat Timur, sama Pondok Aren tidak mengirimkan tim cabor futsal. Karena dari pihak kecamatan mungkin dia lebih memprioritaskan cabang-cabang olahraga lainnya,” ujar Muchlis.

Di lain sisi, kategori putri yang berkompetisi hanya tiga kecamatan saja yaitu Serpong, Pamulang, dan Setu.

Dikarenakan jumlah partisipan yang sedikit, maka dari pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tangsel memutuskan untuk menerapkan sistem “setengah kompetisi”.

Singkatnya, sistem ini mempertemukan seluruh tim dalam satu grup yang sama dengan poin yang tertinggi keluar sebagai juara.

“Jadi tidak ada sistem gugur, jadi setiap pertandingan itu kalau boleh dibilang partai final karena semua pertandingan (tim) ketemu,” jelas Muchlis.

Jika menang, tim akan mendapatkan tiga poin. Sementara, seri akan mendapatkan satu poin dan kalah nol poin.

Selain itu, Muchlis menambahkan bahwa kategori usia yang dipertandingkan untuk cabang olahraga futsal sendiri berkisar antara 15 tahun hingga maksimal 19 tahun.

Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan atlet-atlet muda berbakat Tangsel pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Banten 2026 mendatang.

Adapun Muchlis menyinggung tentang Porkot Tangsel yang kemungkinan akan diadakan setiap tahunnya sebagai bentuk keseriusan KONI Tangsel dalam menyambut Porprov Banten nanti.

“Informasi dari ketua KONI itu setahun sekali 2024 sama 2025 nanti akan kita mengadakan Porkot lagi. Karena ini akan kontinu, karena kita buat mempersiapkan Porprov 2026, karena kita target 2026 untuk KONI juara umum,” tegas Muchlis.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo