TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Mundur Jadi Pembicara Di Rakornas Pemilu

Mahfud Jaga Etika Dan Profesional

Oleh: Farhan
Kamis, 09 November 2023 | 09:31 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mundur menjadi pembicara di Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu). Alasannya, dia merupakan salah satu Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Seyogyanya, Mahfud telah diplot menjadi salah satu pe­materi soal etika Pemilu di Rakornas yang digelar penyelenggara Pemilu di Hotel Grand Sahid, Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (08/11/2023). Sejurus kemudian, Mahfud undur diri se­bagai pemateri untuk mencegah kemungkinan munculnya ma­salah etik.

"Saya punya jadwal ngisi ma­teri di acara ini, setelah arahan Presiden Joko Widodo. Tapi karena saya salah satu peserta, Cawapres, saya minta izin tak isi materi. Agar forumnya tetap fair," ujar Mahfud usai acara.

Para penyelenggara baik Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), kata Mahfud, memahami dan bisa menerima alasannya. "Kan masih ada menteri yang lain. Pak Heddy Lugito (Ketua DKPP) memahaminya," tu­turnya.

Menurutnya, dalam Rakornas tersebut, Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan dan mengingatkan agar semua pihak tidak mencoba mengintervensi pelaksanaan Pemilu. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu pun yakin, komitmen Presiden akan dilaksanakan. Sebab, tidak mungkin ada satu kendali kecurangan yang ter­pusat karena jumlah TPS lebih dari 820 ribu.

Dia juga menuturkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo danPanglima TNI Yudo Margono juga telah berkomitmen menjaga netralitas aparat. Mereka berjanji jajarannya akan profesional, netral, dan tidak akan memihak.

"Kapolri sudah mengir­imkan surat telegram bahwa Polri harus profesional tidak memihak.Panglima TNI juga sudah mengatakan prajurit TNI harus netral. Jadi siapa pun yang terpilih kita harus bersatu lagi," tegasnya.

Mahfud pun mengingatkan, Pemilu 2024 ini akan diawasi langsung oleh publik dan se­luruh elemen masyarakat sipil demokrasi.

Diketahui, selain Presiden Joko Widodo, hadir Mendagri Tito Karnavian, Mendag Zukifli Hasan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan jajaran, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja serta jajaran, dan Ketua DKPP Heddy Lukito beserta jajarannya.

Sementara Menteri Perdagangan (Mendag) yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan juga ber­harap, Pemilu 2024 sukses dan berjalan demokratis. "Agar berjalan demokratis, jujur, adil (jurdil). Semoga Presiden, Wakil Presiden dan wakil rakyatnya yang terpilih, sesuai dengan pilihan rakyat," kata Zulhas, sapaan akrabnya.

Sedangkan Heddy mengatakan, Rakornas ini bertujuan menyatukan langkah antar-penyelenggara Pemilu dalam melaksanakan tugas, wewenang dan kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan. "Mengingat KPU, Bawaslu, dan DKPP adalah satu kesatuan penyelenggara Pemilu yang memiliki kewenangan tugas dan fungsi masing-masing," ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo