TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menkominfo: Jangan Sebarkan Hoax Bitung, Mari Wujudkan Indonesia Damai

Oleh: Farhan
Selasa, 28 November 2023 | 12:47 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta masyarakat, agar tidak menyebarkan berita hoax soal kejadian di Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). “Kami mengimbau kepada seluruh warga bangsa, agar menggunakan semua platform digital dengan bijak. Bersama mari kita wujudkan Indonesia yang damai dan bermartabat,” ujar Budi Arie dalam keterangan yang diterima RM.id (Tangsel Pos Group) Selasa (28/11/2023).

“Jika ingin mendapat informasi yang tepat, hubungi otoritas pemerintahan daerah beserta seluruh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat,” imbuhnya.

Budi Arie memastikan, seluruh pihak di Bitung sudah sadar, bahwa kejadian itu bisa disusupi oleh pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengimbau seluruh pihak untuk menjauhi provokasi terkait konflik di Kota Bitung.

Terkait provokasi-provokasi, kita minta untuk dijauhkan sehingga semangat yang terkait dengan apa yang disampaikan. Jangan malah memecah-belah kerukunan," kata Sigit di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Kapolri menuturkan, gubernur, panglima daerah militer (pangdam), kepala kepolisian daerah (kapolda), dan seluruh pemangku kepentingan terus mengimbau semua pihak, agar peristiwa tersebut tidak terulang kembali. "Kita menjaga persatuan dan kesatuan," ucapnya.

Seperti diketahui, pada Sabtu (25/11/2023), telah terjadi bentrokan antar kelompok masyarakat di Bitung. Kapolda Sulawesi Utara Irjen Polisi Setyo Budiyanto melaporkan, bentrokan tersebut telah mengakibatkan satu orang meninggal dunia dan dua luka-luka.

Ada tujuh terduga pelaku yang sudah ditangkap, terdiri atas lima orang pelaku yang terkait dengan korban meninggal, dan dua pelaku terkait korban yang mengalami luka-luka.

Dari tujuh pelaku itu, terdapat satu orang yang usianya masih di bawah umur.

Namun begitu, Setyo mengatakan, kondisi Kota Bitung saat ini aman dan terkendali. "Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Kota Bitung dan umumnya masyarakat Sulawesi Utara, serta seluruh masyarakat Indonesia, sampai dengan malam ini situasi dan kondisi di wilayah Kota Bitung aman dan terkendali," katanya saat memberikan keterangan pers di Markas Polres Bitung, seperti dikutip ANTARA, Minggu (26/11) malam.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo