TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Unik, Warga Bintaro Bantu Palestina Dari Sedekah Sampah

Selama November Terkumpul Dana Rp 913.400

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 06 Desember 2023 | 07:30 WIB
Komunitas di Kota Tangsel menggelar kegiatan sedekah sampah. nanitnya uang yang dihasilkan untuk didonasikan ke Palestina.(Dra)
Komunitas di Kota Tangsel menggelar kegiatan sedekah sampah. nanitnya uang yang dihasilkan untuk didonasikan ke Palestina.(Dra)

SERPONG-Masyarakat di Bintaro, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membantu Palestina dengan cara yang unik. Mereka mengirimkan bantuan dari hasil sedekah sampah dan pakaian bekas. Donasi ini dilakukan Komunitas Peduli Lingkungan Ayo Less Waste (ALW) dan Komunitas Sonar.

 Hasil dari sedekah sampah dan penjualan pakaian layak pakai itu terkumpul dana sebesar Rp 913.400 selama November 2023. Hasil tersebut kemudian disalurkan ke Sahabat Al Aqsha untuk disampaikan ke warga Palestina.

 “Kami menyadari bahwa hasil ini tidak seberapa. Tapi, besar harapan kami, dari hasil program sedekah sampah dan penjualan pakaian layak pakai, yang merupakan ikhtiar kami dalam mengurangi dampak kerusakan lingkungan dapat menjadi spirit dalam mendukung saudara-saudari kami di Palestina,” kata ketua ALW, Aisyah.

 Ketua Sonar, Harly mengatakan, pihaknya berharap pemuda-pemudi Indonesia semakin banyak yang peduli pada kelestarian lingkungan dan juga Palestina. "Program sedekah sampah adalah salah satu caranya,” kata Harly.

 Komunitas Sonar sendiri melakukan program sedekah sampah dengan sejumlah alur. Pertama, masyarakat membawa sampahnya yang sudah terpilah dan sudah dibersihkan ke Komunitas Sonar di Masjid An-Nashr, Bintaro, Kecamatan Pondok Aren.

 Komunitas Sonar akan menginformasikan kepada jamaah dan warga yang bersedekah sampah, baik secara langsung melalui aplikasi atau melalui media sosial mengenai data sampah yang berhasil terkumpul.

 Kemudian, relawan Sonar mengumpulkan sampah hingga minimal 200 kilogram. Jumlah ini biasanya terkumpul sekitar dua pekan. Untuk melayani program sedekah sampah ini, sekitar 20 relawan Sonar stand by di masjid setiap hari secara bergantian.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo