TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Masjid Presiden Jokowi Di Abu Dhabi Dibuka Buat Umum

Laporan: AY
Rabu, 20 Desember 2023 | 08:10 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

UEA - Masjid Presiden Jokowi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), resmi dibuka untuk umum, Kamis pekan lalu (14/12/2023). Duta Besar Indonesia untuk UEA Husin Bagis mengaku, bangga dan gembira saat ikut melihat peresmian masjid ini.

Husin menyebut masjid ini sebagai lambang kuat persaudaraan antara kedua negara. Dalam keterangan tertulis KBRI Abu Dhabi, Senin (18/12/2023), acara peresmian juga dihadiri Menteri Energi dan Infrastruktur UEA Suhail Al Mazroei, Kepala Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Waqaf Omar Habtoor Al-Direi, dan sejumlah duta besar negeri sahabat.

Terletak di kawasan diplomatik Abu Dhabi dan melintasi Jalan Presiden Jokowi, masjid ini menduduki tanah 3.766 meter persegi dan dapat menampung hingga 2.500 jamaah. Dia berharap, ke depan, Masjid Presiden Jokowi dapat berfungsi sebagai tempat pelaksanaan berbagai kegiatan masyarakat, termasuk perayaan Idul Fitri dan Idul Adha. Tidak hanya itu, ia berharap, masyarakat Indonesia di Abu Dhabi dapat memanfaatkan masjid tersebut untuk belajar membaca Al Quran.

 “Semoga Masjid Presiden Jokowi dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat Indonesia dan diplomat di Abu Dhabi serta sekitarnya,” ujar Dubes Husin.

Proses pembangunan Masjid Presiden Jokowi dimulai pada 2021 dan selesai pada Oktober 2023. KBRI Abu Dhabi menekankan bahwa kehadiran Masjid Presiden Jokowi menjadi simbol kedekatan antara kedua negara, seiring dengan keberadaan Jalan Presiden Jokowi di Abu Dhabi.

Sebagai respons, di Indonesia, simbolisasi tersebut tercermin dalam keberadaan Masjid Sheikh Zayed Solo dan jalan tol layang MBZ. Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo diresmikan pada November 2022, sebagai hadiah dari Presiden UEA, Mohammed bin Zayed Al Nahyan, untuk Presiden Jokowi, dan mampu menampung hingga 10.000 jemaah. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo