TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar-Mahfud Tampil Ala Ton Gun

Jaket Bomber Merek Lokal, Ini Maknanya

Laporan: AY
Senin, 08 Januari 2024 | 09:43 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD tampil gagah saat mengikuti debat ketiga, yang mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik, di Istora Selayan, Minggu malam (7/1). Ganjar-Mahfud membuat kejutan dengan penampilan a’la film “Top Gun” yang diparodikan menjadi “Top Gan.”
Seperti penampilan pada debat Capres-Cawapres sebelumnya, Ganjar-Mahfud mengenakan produk-produk lokal sebagai bentuk dukungan kepada ekonomi kerakyatan agar terus berdaya saing. Kali ini, Ganjar-Mahfud tampil dibalut Jaket Bomber berwarna army dari jenama atau merek fesyen lokal bernuansa militer klasik, Timechine Co, dan memakai sepatu outdoor alam militer buatan Exodos57.
Jaket Bomber ini juga dilengkapi patch yang menggambarkan program unggulan Ganjar-Mahfud di bidang Pertahanan dan Geopolitik, seperti Modernisasi Pertahanan SAKTI, Prajurit Sejahtera, Sistem Pertahanan 5.0, Kuliah Gratis untuk Anak Prajurit dan Bhayangkara, Berperan Sentral Menata Dunia Baru, Geopolitik Progresif, hingga Perjanjian Internasional untuk 100 persen Kepentingan Nasional.

Jargon ”Sat-Set”, dan “Tas-Tes” tak absen sebagai elemen dalam outfit. Hal ini menegaskan gerak cepat dan tuntas Ganjar-Mahfud juga akan digenjot dalam topik pertahanan hingga geopolitik. Memasuki venue debat, Ganjar-Mahfud membuka kacamata hitam dan hormat diikuti Salam Tiga Jari.

Simbol Kepemimpinan

Di sesi akhir debat, Ganjar-Mahfud berganti kostum menjadi kemeja army look untuk penyegaran. Jaket Bomber dan kemeja Army Look a’la Top Gun yang digunakan Ganjar Pranowo ini memberi nyawa tersendiri dalam debat yang membahas isu Pertahanan dan Keamanan.

Merek lokal Timechine Co, yang diangkat Ganjar dalam Debat Ketiga ini, berdiri sejak 2015 dan telah lama diminati pasar internasional seperti Filipina, Hong Kong, dan Amerika Serikat. Mengusung tema vintage fashion, produk-produk Timechine Co mengajak penggunanya kembali ke masa lampau. Nama Timechine Co juga terinsipirasi dari time machine yang berarti mesin waktu.

Kemeja yang dikenakan Ganjar, yaitu seri Lennon Utility Shirt, adalah produk unggulan yang terinspirasi dari seragam tentara Amerika Serikat saat Perang Vietnam. Hegemoni Amerika Serikat membuat seragam ini menjadi simbol kepemimpinan, dominasi, dan kekuatan, sehingga diadopsi di banyak negara, termasuk Indonesia, khususnya Pakaian Dinas Harian TNI Angkatan Darat.
Di samping itu, pada akhir perang Vietnam, desain seragam ini justru menjadi simbol perlawanan terhadap perang dan digunakan warga sipil, aktivis, hingga seniman seperti John Lennon yang diabadikan menjadi judul artikel seri ini.

Sementara itu, sepatu Exodos57 yang digunakan Ganjar merupakan merek lokal yang memiliki visi mengangkat seni, budaya, serta pariwisata lokal dalam bentuk produk maupun aktivitas branding sebagai strategi pemasaran dan selalu berupaya mengangkat kearifan lokal Indonesia.

Bahan-bahan lokal diracik seniman-seniman lokal menjadi produk sepatu berkualitas. Keberagaman material menyimbolkan kebhinnekaan, yang menyatu di bawah naungan Sang Merah Putih.
Dengan tagline LocalMovement-Pride, Exodos57 mengajak penggunanya untuk selalu bangga menggunakan produk berkualitas asli Indonesia. Pertahanan tidak melulu soal alat utama sistem persenjataan (Alutsista), kendaraan perang, atau pun sistem pertahanan termutakhir. Berpegang teguh pada budaya dan kearifan lokal juga merupakan bentuk ketahanan budaya yang juga perlu kita tingkatkan.
Di debat tentang Pertahanan dan Geopolitik, Ganjar-Mahfud menegaskan bahwa program-program unggulan pertahanan dan geopolitik disampaikan dalam balutan merek lokal.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo