TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Dapat Ucapan Selamat Langsung Dari Presiden Xi Jinping

Laporan: AY
Senin, 01 April 2024 | 21:50 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BEIJING - Presiden China Xi Jinping mengadakan pembicaraan dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto, di Balai Agung Rakyat, Beijing, Senin (1/4/2024). Dalam pertemuan itu, Jinping dan Prabowo membahas sejumlah hal dan berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama yang lebih erat dan saling menguntungkan kedua negara.
Jinping mengawali sambutan dengan mengucapkan selamat kepada Prabowo atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia. Ia juga menitipkan salam yang tulus kepada Presiden Jokowi.
Jinping menceritakan, 10 tahun yang lalu, ia bersama Presiden Jokowi memimpin perkembangan hubungan kedua negara yang komprehensif dan pesat, dan telah mencapai hasil bernas. 
"Kereta Cepat Jakarta-Bandung menjadi percontohan kerja sama berkualitas tinggi kedua negara," kata Jinping, dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar China untuk RI, Senin (1/4/2024).
Jinping mengatakan, hubungan China-Indonesia sudah memasuki tahap baru pembentukan komunitas senasib sepenanggungan. Kata dia, China siap memperdalam kerjasama strategis komprehensif dengan Indonesia, membentuk komunitas senasib sepenanggungan agar memberikan kesejahteraan kepada rakyat kedua negara, serta memberikan kontribusi positif demi perdamaian, kestabilan dan kemakmuran kawasan maupun dunia. 

Jinping menekankan, kunci pencapaian berharga dalam hubungan China-Indonesia terletak pada berpegang pada kemandirian strategis, saling percaya dan saling membantu, kerja sama yang saling menguntungkan, serta keadilan dan kesetaraan. 
 "Masa lalu, kedua negara saling mendukung dalam perjuangan kemerdekaan dan pembangunan nasional, ke depan juga harus bersatu secara tulus untuk menciptakan model yang saling menguntungkan dan win-win, model pembangunan bersama, dan pelopor kerjasama Selatan-Selatan," paparnya. 

Jinping menekankan, kedua belah pihak harus dengan tegas mengikuti jalur pengembangan yang sesuai dengan kondisi nasional masing-masing, dengan tegas mendukung satu sama lain dalam menjaga kedaulatan, keamanan, serta saling memahami dan mendukung dalam isu-isu yang melibatkan kepentingan inti dan keprihatinan utama masing-masing.
 "China bersedia mempertahankan pertukaran yang erat dengan Indonesia, bertukar pengalaman dalam tata kelola negara, memperkuat strategi pengembangan, lebih lanjut mempromosikan proyek Dua Negara, Taman Kembar dan Koridor Ekonomi Komprehensif Regional, dan terus memperdalam kerja sama maritim. Tiongkok bersedia memperkuat kerja sama dan memberikan dukungan dengan Indonesia di bidang pengentasan kemiskinan," paparnya. 

Jinping mengatakan, saat ini dunia sedang menghadapi perubahan seratus tahun. Karena itu, kedua pihak hendaknya aktif melaksanakan lima prinsip hidup berdampingan secara damai, dengan sekuat tenaga mengemukakan semangat Bandung yang bersatu, bersahabat dan bekerja sama, mendorong multipolarisasi dunia yang setara dan teratur, serta globalisasi ekonomi yang inklusif, meningkatkan koordinasi multilateral, memelihara kepentingan bersama negara-negara berkembang. 

"China bersedia bersama Indonesia, memelihara kesatuan dan sentralitas ASEAN, memelihara struktur kawasan yang terbuka dan inklusif, membentuk komunitas senasib sepenanggungan China-ASEAN yang lebih erat," tuntasnya.
Sementara itu, Prabowo menyampaikan salam yang tulus dari Presiden Jokowi kepada Presiden Jinping. Eks Danjen Kopassus itu mengaku senang sekali memilih China sebagai negara pertama yang dikunjungi setelah terpilih sebagai presiden Indonesia.
"China adalah negara besar yang mempunyai pengaruh yang penting, kedua negara selalu saling menghormati dan memperlakukan satu sama lain secara setara," kata Prabowo. 
Ia pun mengapresiasi hasil yang dicapai rakyat China yang dipimpin oleh Jinping. Prabowo mengatakan, bersedia belajar pengalaman Partai Komunis China, memperdalam pertukaran pengelolaan negara. 

"China adalah mitra kerja sama yang kuat terhadap Indonesia. Tahun-tahun belakangan ini, perusahaan China secara aktif dan mendalam mengikuti pembangunan ekonomi Indonesia, membantu perkembangan Indonesia," ujarnya. 

Prabowo menyatakan secara penuh mendukung mengembangkan hubungan Indonesia dan China yang lebih erat, bersedia meneruskan kebijakan bersahabat Presiden Jokowi terhadap China, menjunjung kemerdekaan dan kemandirian, menaati kebijakan Satu Tiongkok yang selalu diperhatikan Pemerintah Indonesia. 
Prabowo juga mengatakan, mendukung kepentingan inti masing-masing bersama China, mendorong hubungan kedua negara berkembang lebih komprehensif dan berkualitas tinggi, melaksanakan kesepahaman penting pembentukan komunitas senasib sepenanggungan kedua negara. 
"Pemerintah baru Indonesia bersedia aktif mendorong sinergi strategi pembanguan negara, mendorong kerja sama di bidang perdagangan dan pengentasan kemiskinan mencapai lebih banyak hasil, lebih lanjut menyejahterakan rakyat kedua negara," paparnya. 
Prabowo mengapresiasi China selalu menjunjung keadilan dalam urusan internasional, terutama masalah Palestina. Indonesia bersedia meningkatkan koordinasi dan kerja sama dengan China dalam urusan internasional dan regional, memberikan kontribusi yang lebih besar untuk kerja sama Selatan-Selatan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo