TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pemprov Banten Siap Kuatkan Sistem Kesehatan Menuju Indonesia Emas 2045

Jokowi Buka Rakernas Kesehatan Di BSD

Laporan: Yuliawati Saripudin
Kamis, 25 April 2024 | 07:45 WIB
Ist.
Ist.

PAGEDANGAN-Sekitar 38 Provinsi, 513 Kabupaten/Kota serta seluruh direktur rumah sakit daerah seluruh Indonesia mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kesehatan Nasional 2024, di ICE BSD Convention Center, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Rabu (24/4). Acara yang digelar Kementerian Kesehatan RI ini dibuka langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penjabat (Pj) Gubernur Banten, Al Muktabar yang juga hadir dalam acara itu mengungkapkan, banyak hal yang diarahkan oleh Presiden Jokowi dalam sambutannya terkait dengan penguatan sistem kesehatan dalam rangka menuju Indonesia Emas 2045.

"Dari mulai kelengkapan fasilitas pelayanan kesehatan di rumah sakit milik Pemda, sampai penguatan sistem kesehatan yang terintegrasi antara Pemda dengan nasional. Karena Indonesia Emas itu akan terwujud manakala generasi mudanya sehat dan cerdas," kata Al Muktabar.

Ia menambahkan, dalam Rakernas ini dirumuskan agenda-agenda kebijakan yang terstruktur mulai dari pusat sampai daerah, pentahelix, serta swasta. Penguatan kesehatan itu menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah semata.

“Masyarakat juga harus terus melakukan preventif untuk mewujudkan tingkat kesehatan individu dan keluarga yang kuat. Sebagaimana yang diarahkan oleh Bapak Menkes Budi G Sadikin dalam sambutannya tadi yang di antaranya adalah penguatan preventif itu penting sekali untuk dirumuskan dalam Rakernas ini,” jelasnya.

Rakernas dihadiri oleh para Kepala Dinas Kesehatan dan Bappeda serta para Direktur Rumah Sakit. Pasalnya, dalam melakukan formulasi perencanaan baik jangka panjang, menengah maupun pendek, dibutuhkan kolaborasi seluruh stakeholder.

“Ini momen yang sangat strategis, karena akan menentukan roadmap masing-masing daerah untuk menentukan kebijakannya,” katanya.

Provinsi Banten, kata Al Muktabar, saat ini sedang fokus pada memperkuat tenaga kesehatan, sedangkan untuk infrastruktur rumah sakit dan Puskesmas sudah semakin didekatkan kepada masyarakat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo