TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pilar: Pra Fisibility Study MRT Rampung Desember

Laporan: Idral Mahdi
Senin, 20 Mei 2024 | 07:00 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat bertemu dengan perwakilan PT MRT untuk membahas rencana tersambungnya MRT dari Jakarta ke Tangsel.(dra)
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat bertemu dengan perwakilan PT MRT untuk membahas rencana tersambungnya MRT dari Jakarta ke Tangsel.(dra)

CIPUTAT- Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Pilar Saga Ichsan mengungkapkan perkembangan rencana tersambungnya kereta Mass Rapid Transit atau MRT dari wilayah Jakarta ke Tangsel.

Diketahui beberapa waktu lalu beberapa Kepala Dinas di lingkup Pemkot Tangsel dipimpin oleh Pilar Saga Ichsan mendatangi kantor PT MRT untuk membahas rencana kemungkinan tersambungnya kereta MRT dari Jakarta ke Tangsel.

Pilar mengungkapkan, salah satu poin yang disepakati dalam pertemuan tersebut yaitu pihak MRT akan membuat Pra Feasibility Study (FS) untuk rencana tersebut.

Pra Feasibility Study merupakan dokumen tahap awal kajian yang nantinya digunakan untuk menilai kelayakan suatu kegiatan proyek atau pembangunan.

Pilar menjelaskan, pembuatan Pra Feasibility Study tersebut rencananya akan rampung pada akhir 2024 ini.

“Jadi pihak MRT saat ini sedang membuat pra FS atau pra feasibility Study rencana ada satu trase yang akan dibangun mungkin Desember ini selesai untuk feasibility study-nya,” ujarnya.

Dengan selesainya dibuat dokumen tersebut, ia berharap nantinya akan ada investor yang mau terlibat dalam rencana pembangunan tersebut.

“Mudah-mudahan dalam waktu ke depan setelah feasibility study itu selesai lalu bisa market sounding investor ataupun skemanya soft launch,” tuturnya.

Rencana penyambungan kereta MRT dari Jakarta ke Tangsel juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Kita sudah komunikasi juga dengan Kemenhub, jadi saat itu setelah dari PT MRT waktu itu Pemkot Tangsel langsung ketemu dengan Dirjen Perkeretaapian dan beliau sangat menyambut baik sekali, mendukung untuk MRT dilanjutkan dari Jakarta masuk ke wilayah Tangsel,” terangnya.

Kendati demikian, Pilar menyebut, rencana tersebut masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Terlebih harus ada persetujuan dari Pemerintah Provinsi Banten dan Pemerintah Provinsi Jakarta karena nantinya kereta MRT akan menyambungkan dua wilayah tersebut,

“Karena ini antar daerah Pemprov Banten dan Jakarta karena yang menggunakan MRT ini bukan hanya warga Tangsel tapi juga warga Provinsi Banten, banyak sekali yang nanti memanfaatkan adanya MRT ini,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo