TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gala Dinner WWF Di Bali Dibuka Presiden Jokowi, Semua Goyang Semua Senang

Oleh: Farhan
Senin, 20 Mei 2024 | 08:25 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BALI - Presiden Jokowi menjamu makan malam para kepala negara dan delegasi peserta World Water Forum (WWF) ke-10 di Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, Minggu (19/5) malam. Berbagai penampilan dan pertunjukan dari musisi lokal pun disajikan. Sepanjang acara, terlihat semua tamu undangan begitu ceria.
Acara bertajuk “Welcoming Dinner KTT World Water Forum Ke-10 Bali” itu, sengaja digelar untuk menjamu para kepala negara dan tamu undangan yang sudah tiba di Bali. Jokowi menyambut langsung satu-persatu para Kepala Negara yang hadir. 
Jokowi mengenakan pakaian batik lengan panjang warna cokelat dipadu celana panjang hitam. Makan malam ini dimulai pukul 17.00 hingga pukul 22.00.
Secara bergantian, para delegasi datang ke lokasi. Para tamu kehormatan ini diarahkan langsung melewati karpet merah dengan diiringi drum band dari Paspampres. Jokowi menunggu tamu di pelataran GWK. Setelah bersalaman dan foto bareng, para delegasi langsung diarahkan menuju lokasi acara. 
Ketua DPR Puan Maharani menjadi tamu terakhir yang disambut Jokowi. Puan hadir mewakili utusan Inter Parliamentary Union.

Puan yang mengenakan kebaya berwarna putih dipadu rok batik tersenyum saat disambut Jokowi. Karena tamu terakhir, Jokowi dan Puan berjalan bersama menuju lokasi acara. 

Jamuan makan ini dihadiri kurang lebih 2.300 peserta, termasuk 500 undangan Very Very Important Person (VVIP) dan 1.800 undangan lainnya. Beberapa kepala negara telah tiba di Bali, antara lain Perdana Menteri Tajikistan Qohir Rasulzoda, Presiden Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe; dan Presiden Fiji, Ratu Wiliame Maivalili Katonivere. 
Selain itu, Wakil Perdana Menteri Papua Nugini, John Rosso juga sudah tiba di Pulau Dewata. Sementara itu, mantan Presiden Hongaria Janos Ader juga hadir sebagai undangan khusus. Perdana Menteri Maroko Aziz Akhannouch, Presiden Majelis Umum PBB, Dennis Francis, dan Presiden Dewan Air Dunia, Loïc Fauchon juga telah tiba. 

Selain tamu undangan lainnya, dalam jamuan makan malam adalah 17 orang menteri dan pejabat setingkat menteri antara lain dari Australia, Brunei Darussalam, China, Kongo, Mesir, Perancis, Kenya, Palestina, Filipina, Arab Saudi, Senegal, Singapura, Tanzania, Timor-Leste, Tunisia, Uni Emirat Arab, dan Uzbekistan telah hadir. 
Selain itu, delegasi dari Brasil, Gambia, Italia, Jepang, Kazakhstan, Meksiko, Mozambik, Belanda, Nigeria, Palau, Qatar, Kepulauan Solomon, Saint Kitts dan Nevis, Slovakia, Thailand, Turki, dan Vanuatu. 

Perwakilan dari organisasi internasional, seperti Uni Eropa, Bank Dunia, Sekretaris Jenderal Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik (UNESCAP) juga hadir dalam malam malam.  
Sebelum para tamu undangan menyantap hidangan pembuka, Jokowi sedikit memberikan sambutan di hadapan para tamu undangan yang hadir. Ia berharap kebersamaan yang dirajut dalam forum air sedunia ini dapat menghasilkan langkah konkret dalam bentuk kolaborasi untuk menciptakan kepastian air bersih terdistribusi bagi seluruh manusia. 

"Yang Mulia, selamat malam dan selamat datang di Bali, Indonesia. Terima kasih telah berpartisipasi pada Forum Air Dunia ke-10 dan saya berharap semangat kebersamaan pada malam ini dapat membawa kita pada kolaborasi yang hebat, untuk menjamin akses terhadap air bersih dan sanitasi bagi semua orang," ujar Jokowi.
Jokowi mengucapkan selamat datang kepada para delegasi yang datang. Ia berharap para tamu menikmati pertunjukan khas Indonesia yang ditampilkan maupun hidangan makan malamnya. 
"Selamat menikmati makan malam dan penampilan dari Indonesia, terima kasih," pungkasnya. 

Dari pemerintah Indonesia terlihat hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. 
Kemudian Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, Menteri ESDM Arifin Tasrif, serta Menkominfo Budi Arie Setiadi. 
Acara "pecah" ketika penyanyi Bulan Sutena melantunkan lagu 'Sayang' dan 'Pergi Pagi Pulang Pagi'. Menteri Basuki terlihat asyik joget sambil berbincang dengan utusan khusus presiden Prancis Barbara Pompoli. Begitu juga dengan Retno dan Sandiaga Uno yang berjoget dengan para delegasi. Puan yang melihat pejabat lain bergoyang, juga terbawa suasana. Sedangkan Jokowi sesekali terlihat menyanyikan sejumlah lirik, dengan senyum penuh kebahagiaan. 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo