TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tanjung Pasir, Destinasi Wisata dan Penyeberangan ke Pulau Seribu

Oleh: Mg.Fitri
Jumat, 24 Mei 2024 | 18:35 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

TANGERANG - Tanjung Pasir merupakan suatu desa yang berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, yang dijadikan sebagai tempat wisata pantai dan penyeberangan ke Kepulauan Seribu.

Ketua paguyuban wisata Tanjung Pasir, Dian, menjelaskan bahwa penyeberangan ini biasanya hanya melayani ke satu pulau saja, namun jika pengunjung ingin ke pulau lainnya bisa meminta langsung kepada petugas yang ada di tempat penyeberangan tersebut.

“Kalau kita regulernya ke Untung Jawa, selain Untung Jawa sistemnya carter, menyewa satu perahu untuk mengantar ke tujuan pulau yang diinginkan,” ucap Dian, Jumat (24/5/2024).

Perahu yang digunakan untuk menyeberang ini juga mirip dengan perahu nelayan, namun perahu ini memang khusus untuk menampung orang dan barang saja.

“Kalau perahu sih kita ada yang besar sama kecil, spesifikasinya sih sama saja paling kapasitas muatannya saja yang beda, misalnya yang besar bisa mengangkut sekitar 100 orang kalo yang kecilnya di bawah 100 orang,” katanya.

Keberangkatan perahu ini tidak ada jadwalnya, namun perahu terakhir dari Kepulauan Seribu itu terbatas, yaitu sampai jam 5 sore saja, lebih dari jam 5 sore sudah tidak ada lagi perahu yang berangkat ke Tanjung Pasir.

“Kita tidak ada jadwal sebenarnya, tergantung pengunjung yang datang saja, kalau misalkan pagi sudah banyak ya kita berangkat, minimal 20 atau 30 orang kita berangkat,” jelasnya.

Penyeberangan ini juga terkadang sepi, terutama hari biasa penumpangnya paling sedikit, hal ini dikarenakan hanya warga lokal Kepulauan Seribu yang mau berbelanja atau kerja saja yang menyeberang.

“Tergantung, kalau bukan hari libur itu paling 3 atau 4 perahu yang berangkat cuman ngangkut 15 orang doang per perahunya, kalau libur gini 25 oranglah dan bisa 5 perahu yang berangkat,” ujarnya.

“Kalau weekend beda lagi, bisa 60 orang minimal per perahunya, dan itu juga bisa memberangkatkan 5 perahu lebih,” lanjutnya.

Untuk melakukan penyeberangan ke Kepulauan Seribu ini cukup membayar sebesar Rp25.000 saja untuk sekali jalan, dan jika ingin mencarter perahu dapat membayar sebesar Rp500.000.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo