TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Menkominfo Bentuk Dewan Media Sosial

Oleh: Farhan
Rabu, 29 Mei 2024 | 11:15 WIB
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto : Ist
Menkominfo Budi Arie Setiadi. Foto : Ist

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi tengah mematangkan wacana pembentukan Dewan Media Sosial (DMS). Lewat DMS ini, Budi Arie ingin menata kualitas media sosial di tanah air menjadi lebih baik lagi.

Saat ini, pemerintah masih menerima masukan terkait wacana pembentukan DMS. Kajian akademik pembentukan DMS diprakarsai oleh UNESCO.

"Wacana pembentukan DMS merupakan respons positif pemerintah atas masukan yang diberikan oleh teman-teman CSO, dan didukung oleh kajian akademik yang diprakarsai oleh UNESCO," kata Budi Arie, dalam keterangan tertulis di sela kunjungan kerja ke Jenewa, Swiss, Selasa (28/5/2024).

DMS ini nantinya diharapkan dapat membentuk tata kualitas media sosial menjadi lebih santun. Terdapat lima lima poin penting terkait wacana pembentukan DMS.

Pertama, kata Budi Arie, inisiatif ini merupakan respon positif Pemerintah atas masukan dari organisasi masyarakat sipil (CSO) dan didukung oleh kajian akademik yang diprakarsai oleh UNESCO.

"Kedua, Pemerintah saat ini sedang menimbang wacana ini dan terbuka atas masukan-masukan selanjutnya," kata Budi Arie.

Ketiga, lanjut Budi Arie, jika DMS terbentuk, dewan ini akan berperan dalam memastikan dan mengawal kualitas tata kelola media sosial di Indonesia yang lebih akuntabel. Keempat, usulan DMS ini diharapkan berbentuk jejaring atau koalisi independen yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, seperti organisasi masyarakat sipil, akademisi, pers, komunitas, praktisi, ahli, dan pelaku industri.

"Kelima, DMS dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam tata kelola media sosial, termasuk memastikan kebebasan pers dan kebebasan berpendapat di ruang digital," ucap Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) itu.

Pembentukan DMS ini diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas pengelolaan media sosial di Indonesia. Pemerintah akan melibatkan berbagai pihak untuk memastikan keberlanjutan kebebasan berpendapat dan akuntabilitas dalam ruang digital.

Senada, Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi mengaku pembentukan DMS merupakan ide bagus. "Ya boleh saja, ide bagus, tapi tentu perlu payung hukum," sebut Bobby Adhityo Rizaldi, saat berbincang dengan Redaksi, Selasa (28/5/2024).

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo