TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Peluang Indonesia Menuju Pentas Dunia Makin Terbuka

Laporan: AY
Rabu, 12 Juni 2024 | 08:00 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Peluang Timnas Indonesia bisa berlaga di ajang bergengsi Piala Dunia, makin terbuka. Harapan ini muncul setelah Timnas lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, usai mengalahkan Filipina 2:0.

Duel Indonesia vs Filipina pada laga terakhir Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana ikut hadir menyaksikan laga tersebut. Ketua Umum PSSI yang juga Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Menkominfo Budi Arie Setiadi, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit, ikut hadir menemani Jokowi.

Di hadapan 60 ribu lebih pendukungnya, Timnas bermain apik saat menjamu Filipina. Sejak peluit pertama dibunyikan, tim asuhan Shin Tae-yong itu, langsung tampil menyerang. Beberapa kali, Asnawi Cs hampir membobol gawang Filipina.

Namun, skor baru berubah pada menit ke-32 lewat gol cantik dari Thom Jan Haye yang melesakkan bola dari luar kotak pinalti. Tendangan keras Thom Haye tidak bisa ditepis kiper Filipina yang juga kiper Persib,Kevin Mendoza. Skor 1-0 bertahan hingga menit ke-45.

Di babak kedua, skuad Garuda berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat sundulan Rizky Ridho di menit 57.

Berawal dari tendangan bebas Nathan Tjoe-A-On dari sisi kiri. Umpan silang mendatarnya dari luar kotak penalti, berhasil diteruskan Ridho dengan sundulan dan memaksa Kevin Ray kembali memungut bola.

Gol yang menggetarkan ini membuat Ibu Iriana bangkit dari kursi dengan gembira dan langsung menyalami Erick Thohir di depan Joko Widodo. Mereka terlihat larut dalam euphoria kemenangan.

Meski begitu, pertandingan ini sempat diwarnai insiden di menit ke-85 saat bek tim tamu Adrian Ugelvik berduel udara dengan kiper Ernando Ari. Dalam tayangan ulang, Adrian dan Ernando berebut bola tendangan bebas dari sisi kanan gawang. Nahas bagi Adrian, setelah berbenturan dengan Ernando, dia salah mendarat. Wajahnya lebih dulu menghantam rumput lapangan.

Adrian sempat mendapat perawatan dari tim medis. Pemain Timnas Filipina membuat pagar melindungi Adrian yang tergeletak di lapangan dari publikasi.

Cedera yang dialami Adrian membuatnya harus mendapat perawatan serius dan dibawa keluar lapangan dengan mobil ambulans. Wasit akhirnya memutuskan tambahan waktu selama 3 menit, namun skor 2-0 tetap bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Dengan kemenangan 2-0 ini, Indonesia dipastikan lolos ke grup 3 kualifikasi Piala Dunia. Di fase ketiga ini, tim raksasa bola Asia sudah menunggu. Yakni Qatar, Jepang, Korea Selatan, China, Oman, Iran, Uzbekistan, Irak, Arab Saudi, Yordania, Uni Emirates Arab, Bahrain, Australia, dan Palestina.

Usai pertandingan, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kemenangan Timnas Garuda. Dia menyampaikan, masyarakat dan seluruh pecinta sepak bola tanah air sangat senang atas kemenangan yang diraih.

“Ya saya kira seluruh masyarakat pecinta sepak bola senang semua, karena kita lolos dan bisa masuk ke ronde 3 kualifikasi sistem FIFA yang baru,” kata Jokowi, di Stadion GBK, Selasa (11/6/2024).

Mantan Wali Kota Solo ini menilai, kemenangan yang diraih Timnas Indonesia mencetak sejarah baru. Sebab, skuad Garuda mendapat tiket bermain di putaran ketiga babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

“Ini adalah sebuah sejarah dan kita dengan sistem yang baru ini, kita pertama kali masuk,” jelasnya.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengucapkan selamat atas kemenangan Timnas Indonesia, lewat akun media sosial X pribadinya @erickthohir.

Erick berterima kasih atas dukungan masyarakat selama ini, dan dia berharap dukungan tersebut terus mengalir untuk para punggawa Timnas di laga-laga selanjutnya.

“Alhamdulillah, Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kemenangan atas Filipina sekaligus mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027. Terima kasih untuk seluruh pemain, ofisial, dan masyarakat Indonesia untuk doa dan dukungannya,” tulis Erik.

Sebelumnya, Erick menegaskan bahwa Timnas Garuda tidak lagi dipandang sebagai anak bawang di pentas Asia. Erick mengatakan, posisi Timnas Indonesia terus melejit. Prestasi demi prestasi juga diraih. Beberapa di antaranya emas SEA Games 2023 dan semifinal Piala Asia U-23 2024. “Tidak mudah, tapi ini adalah perjuangan sama-sama. Timnas Indonesia ini bukan lagi anak bawang yang dipandang sebelah mata,” ucap Erick Thohir.

Setelah Timnas, Erick berharap level kompetisi atau Liga Indonesia juga naik. Saat ini posisi kompetisi Indonesia di Asia di urutan ke-28 dan harus diperbaiki dan ditingkatkan

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo