TangselCity

Ibadah Haji 2024

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD Bagikan Tips Untuk Atasi Polusi Buruk di Indonesia

Laporan: Irawan
Senin, 01 Juli 2024 | 14:09 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Polusi udara adalah masalah serius yang memerlukan tindakan segera dan komprehensif. Tingkat polusi udara yang tinggi bisa memicu penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Jika dibiarkan, bisa berujung pada penyakit yang lebih parah. 

Kerjasama antara pemerintah, industri, dan masyarakat harus ditingkatkan guna tercapai nya udara yang bersih dan sehat untuk masyarakat. Upaya yang dilakukakan secara berkelanjutan dan konsisten adalah kunci untuk mencapai udara yang lebih bersih dan sehat di masa depan. 

Berdasarkan data dari IQAir pada pertengahan Juni lalu, Indonesia merupakan salah satu negara yang berada di ambang batas yang sangat mengkhawatirkan dalam hal polusi. 

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh dr. Astri Indah Prameswari, SpP, FISR Dokter Spesialis Paru dan Pernapasan Eka Hospital BSD, dalam kegiatan media gathering pada, Kamis, (27/06). 

“Gangguan saluran pernafasan, bisa berupa ispa, bisa gangguan saluran pernafasan akut, kemudian kalau lagi flue berat bisa jadi Pneunomia. Atau untuk orang orang yang sensitif kena asma, asmanya bisa kambuh. Dan, jika lama dibiarkan bisa menjadi penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), bahkan kanker paru,” ujar Astri. 

Agar bisa terhindar dari penyakit saluran pernafasan, Dokter Astri membagikan tipsnya, sebagai berikut : 

Yang pertama hindari area yang berpolusi, agar minim terpapar polusi baiknya kita membatasi diri beraktifitas didaerah yang tinggi paparan polusi nyaa. 

Yang kedua membiasakan hidup bersih, membangun kebiasaan hidup bersih sangat membantu untuk terpapar polusi, seperti membiasakan cuci tangan dengan sabun, dan berganti pakaian setelah pergi. 

Yang ketiga perlindungan diri, membiasakan menggunakan masker jika keluar rumah dan maksimal mengganti masker secara berkala 

Yang keempat meningkatkan daya tahan tubuh, kita perlu memastikan daya tahan tubuh tinggi agar tak mudah terserang ISPA.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo