TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Perluas Jangkauan, Diskominfo Targetkan 2.500 Wifi Gratis Terpasang di Seluruh Sudut Tangsel

Laporan: Rachman Deniansyah
Senin, 15 Juli 2024 | 15:24 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

CIPUTAT - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan terus memperluas layanan internet gratis hingga seluruh sudut Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Targetnya akan terpasang sebanyak 2.500 titik hingga 2025 mendatang. 

Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Tb. Asep Nurdin mengatakan, layanan wifi gratis merupakan program yang dilakukan guna memudahkan masyarakat untuk mengakses dunia digital. 

Sebab kini, hampir seluruh aktivitas manusia perlahan mulai beralih ke dunia yang serba digital. 

"Diskominfo sejak 2017 silam sudah mempunyai program free internet. Dari saat itu baru menjangkau beberapa titik, seperti balai warga, taman bermain. Saat itu, 2017 memang belom banyak, baru ada 200 titik. Namun pada saat 2019-2024 itu sudah ada 1075 titik. Artinya apa? Progress dalam menyediakan infrastruktur digitalisasi terus meningkat. Tujuannya tentu untuk meningkatkan literasi digital masyarakat," ujar Tb. Asep, dikutip Senin (15/7/2024). 

Ia memastikan, layanan akses internet gratis ini akan terus berlanjut. Termasuk pada tahun ini, titiknya pun akan terus bertambah. 

"Pemanfaatan akses internet ini harus betul-betul dimanfaatkan secara baik. Hingga 2025 mendatang, kita punya target layanan internet gratis sampai 2.500 titik," paparnya. 

Tak hanya dari segi titik pemasangannya saja, Diskominfo Kota Tangsel juga akan meningkatkan program ini dari segi kualitas dan kecepatan internetnya itu sendiri. 

"Kalau tahun ini kecepatannya itu sebesar 20/ Mbps, maka tahun 2025 akan ditingkatkan menjadi 50/Mbps," ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Bidang Pengelolaan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Kota Tangsel, Syaiful Bachri memaparkan, program wifi gratis ini ditujukan kepada tempat-tempat yang menjadi pusat kegiatan masyarakat. 

"Saat ini ribuan titik wifi gratis telah terpasang, di tempat-tempat seperti balai warga, masjid, musala, dan sebagainya," paparnya. 

Fasilitas ini, kata Syaiful, bisa dinikmati dengan cara melakukan usulan dengan menyertakan alamat yang jelas. 

"Kalau yang sudah terpasang, dan mengalami gangguan. Kami itu ada call center pengaduan, bisa melalui nomor Whatsapp 0812-5000-6200," jelasnya. 

Untuk diketahui selain sudah terpasang di ribuan titik tempat pusat kegiatan masyarakat, Diskominfo Kota Tangsel juga telah memperluas layanan internet gratis ke puluhan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Totalnya mencapai 58 PKBM se-Tangsel. Hal ini dilakukan guna meningkatkan akses digital, sehingga PKBM bisa naik kelas.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo