TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Eka Hospital BSD Berikan Jakmania Pelatihan Dasar Menyelamatkan Nyawa Dalam Situasi Darurat

Laporan: Irawan
Rabu, 17 Juli 2024 | 16:17 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SERPONG - Eka Hospital BSD mengajak dan menjalin program kerjasama bersama koordinator lapangan (korlap) The Jakmania dalam rangka melaksanakan program Pelatihan Basic Life Support. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memberikan pertolongan pertama, terutama CPR atau Bantuan Hidup Dasar (BHD), sebuah keterampilan vital yang dapat menyelamatkan nyawa dalam situasi darurat seperti serangan jantung atau kecelakaan. 

Program tersebut diselenggarakan dan dilakukan di Eka Gym, pusat kebugaran dari Eka Hospital BSD, dengan dr. Donny Kurniawan, Sp.KO selaku Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Eka Hospital BSD sebagai pembicara utama, dr. Guiddo I. Purba selaku Dokter Umum MYCardia Eka Hospital BSD yang ikut membantu memberikan pelatihan dan edukasi tentang teknik-teknik BHD kepada anggota Jakmania Persija. Melalui pernyataannya, dr. Donny mengungkapkan, "Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya bersama dengan Bung Ferry dan Bung Diky yang telah lama direncanakan. Kami berharap dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan BHD di kalangan teman-teman suporter." 

Kerjasama pelatihan ini didorong oleh kesadaran bahwa pengetahuan tentang BHD masih membutuhkan dorongan edukasi yang lebih meluas di kalangan komunitas suporter olahraga, mengingat pengetahuan ini memiliki potensi yang sangat penting terutama dalam menghadapi situasi darurat di stadion besar saat pertandingan sepakbola. 

Menurut dr. Donny, "Jika merujuk pada rekomendasi FIFA, setidaknya harus ada satu penolong pertama untuk setiap 1000 pendukung. Namun, penerapan rekomendasi ini di Indonesia masih perlu langkah-langkah lebih lanjut. Oleh karena itu, kami akan fokus melatih koordinator lapangan terlebih dahulu, dengan harapan dapat melakukan pelatihan lebih luas di masa depan." 

The Jakmania juga menyambut baik program ini dengan antusiasme tinggi. Ketua Umum dari The Jakmania Diky Soemarno menambahkan “pengurus pusat The Jakmania menyadari pentingnya edukasi tentang cara melakukan pertolongan pertama, apalagi kegiatan-kegiatan the Jakmania selama ini melibatkan sejumlah massa yang besar. Semoga kedepannya akan ada banyak upgrade dan edukasi yang bisa dilakukan.” 

Program pengenalan BHD ini bukan hanya mencerminkan kolaborasi yang erat antara Eka Hospital BSD dan The Jakmania dalam meningkatkan kesehatan dan keselamatan bersama, tetapi juga sebagai komitmen Eka Hospital dalam berperan aktif memberikan edukasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Eka Hospital berharap dapat menciptakan lingkungan yang lebih teredukasi tentang pentingnya keterampilan BHD dan memperkuat posisinya sebagai rumah sakit yang peduli pada keselamatan masyarakat.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo