TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gibran Mau Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Solo

Laporan: AY
Jumat, 19 Juli 2024 | 08:34 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

SOLO - Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, akan melakukan uji coba program makan bergizi gratis di Solo. Putra sulung Presiden Jokowi ini juga memastikan, anggaran makan siang gratis sudah siap dan tak berkurang.

Gibran menerangkan, uji coba program makan siang gratis akan dilakukan di beberapa kota. Yang pertama, di Solo. Ia mengajak awak media untuk meliput dan melihat sendiri pelaksanaan uji coba tersebut.

“Hari Senin ada uji coba makan siang gratis, saya ajak ya,” ujar Gibran, usai menghadiri peluncuran logo dan maskot Pekan Paraliampiade Nasional (Peparnas) 2024/XVII, di Solo, Jawa Tengah, Kamis (18/7/2024).

Suami Selvi Ananda ini menepis kabar yang menyebut ada pemangkasan anggaran untuk program yang dulu bernama makan siang gratis. “Kata siapa (dipangkas)? Tidak,” ucapnya.

Dia lalu mengajak media untuk memberikan hal-hal yang valid. “Tunggu kepastiannya dahulu ya, ditunggu semua. Jangan memberitakan hal yang belum pasti,” imbuhnya.

Kata Gibran, anggarannya masih sama, Rp 15.000 per anak. Menurutnya, anggaran itu dirasa sudah ideal. Hal itu terbukti dari uji coba yang sudah dijalankan relawan di sejumlah daerah. "Dari evaluasinya, sejauh ini juga berjalan lancar,” ujar Gibran.

Gibran menambahkan, untuk pelaksanaan program makan bergizi gratis, termasuk menu dan anggaran yang ideal, selama ini sudah melibatkan banyak pihak. Salah satunya ahli gizi. Dia juga memastikan, program tersebut langsung berjalan setelah pelantikan pada 20 Oktober nanti.

tempat terpisah, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan pendapat terkait anggaran untuk makan bergizi gratis. Pendapat itu sudah disampaikan langsung kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Ini masih dalam proses pematangan. Tapi, insya Allah berapa pun nilainya, yang penting memenuhi standar, standar untuk kesehatan," kata Muhadjir, dalam Festival Ekspresi Anak, di Jakarta, Kamis (18/7/2024).

Muhadjir menyarankan, agar program makan bergizi gratis ini dapat berkesinambungan dengan program yang sudah ada. Seperti program makanan tambahan untuk ibu hamil dan makanan tambahan untuk balita.

"Jadi, nanti anak-anak dipastikan sampai remaja mendapatkan makanan yang bergizi. Nanti akan dilihat dari berbagai pihak," ujarnya.

Kabar uji coba makan bergizi gratis ini mendapat perhatian para warganet. Sejumlah netizen berharap ikut terlibat dalam program tersebut.

Seperti yang disampaikan akun @makanmasak. Pengusaha katering rumahan ini mengaku siap menerima orderan makanan bergizi gratis dengan nilai Rp 7.500.

"Saya bersedia mengikuti lelang terbuka dengan cakupan area Surabaya Pusat 031. Produk Nasi Goreng Rp 7.000 sudah jadi favorit ibu-ibu. Untuk bekal anak anak, kita recommended seller," tulisnya, berpromosi. Ia juga mengunggah foto yang menggambarkan usahanya jadi pilihan ibu-ibu dan anak-anak sekolah.

Akun @rony_chandra mendukung langkah Gibran melakukan uji coba makan bergizi gratis di Solo. "Saya tetap mendukung Mas Gibran. Lanjutkan Mas Wapres," tulisnya.

Pemilik akun @lisaonkosurja ikut mendoakan agar program makan bergizi gratis berjalan lancar. "Kami doakan sehat selalu dan siap dengan perjalanan membangun Indonesia Emas," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo