TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Diguyur Hujan Deras, Prabowo Nonton Pembukaan Olimpiade Paris

Oleh: Farhan
Minggu, 28 Juli 2024 | 09:45 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

PRANCIS - Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 di Sungai Seine, Paris, Prancis, berlangsung meriah meski diguyur hujan deras. Semangat para atlet, artis, dan penonton tetap tinggi, tak terpengaruh cuaca. Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto bersama anaknya, Didit Hedilrasetyo ikut menyaksikan langsung pembukaan Olimpiade dari tribun dengan mengenakan jas hujan transparan.  

Upacara pembukaan Olimpiade Paris 2024 yang digelar pada Jumat (26/7/2024) itu, mencatatkan sejarah baru. Karena untuk pertama kalinya, acara pembukaan tidak dilaksanakan di stadion. Panitia memilih Sungai Seine, sungai yang mengalir di pusat kota Paris, sebagai lokasi acara. 

Karena acara digelar di atas sungai, tak ada adegan parade para atlet mengelilingi stadion seperti yang biasanya digelar di stadion. Para atlet menumpang 85 kapal yang menyusuri Sungai Seine sepanjang 6 kilometer. 

Di pinggir Sungai Seine panitia membangun tribun untuk para penonton. Panitia juga menyulap jembatan di sepanjang jalur parade sebagai panggung pertunjukan. Tiap jembatan menampilkan pertunjukan beragam seperti opera, rap, dan lainnya untuk menggambarkan identitas budaya Prancis yang beragam.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan artis lawas Celine Dion yang tampil di akhir acara. Pelantun "My Heart Will Go On" itu naik panggung menyanyikan lagu klasik 

Edith Piaf-L'Hymne A l'Amour. 

Karena hujan, piano yang mengiringi Celine Dion basah kena tempias. Begitu juga para jurnalis dan penonton yang hadir ikutan kuyup. Meski diguyur hujan, penonton, atlet dan para artis yang tampil tetap antusias dan semangat. 

Prabowo yang ada di tribun utama pun tetap duduk menyaksikan langsung parade defile meski diguyur hujan. Prabowo melapisi setelan jasnya dengan jas hujan transparan. 

Panggung utama acara ini terletak tak jauh dari ikon Paris, Menara Eiffel. Dari tempat tersebut, para tamu bisa menyaksikan kapal yang membawa atlet dengan latar belakang Menara Eiffel. Menciptakan pemandangan yang indah dan romantis. 

Rangkaian acara pembukaan dimulai dengan tayangan video prolog dari legenda sepak bola Timnas Prancis Zinedine Zidane. Zidane terlihat memberikan obor kepada seseorang agar dibawa ke Paris. Setelah tayangan itu, acara dilanjut dengan parade dari negara peserta Olimpiade. 

Para atlet yang mengikuti defile menaiki kapal menyusuri Sungai Seine. Kontingen Indonesia berada di kapal 35, bergabung bersama Iran dan India. Di atas kapal ada 14 perwakilan Kontingen Merah Putih, termasuk Chef de Mission (CdM) Anindya Bakrie.

Atlet judo Maryam March Maharani, atlet balap sepeda Bernard Benjamin van Aert, dan dua atlet renang yaitu Azzahra Permatahani dan Joe Aditya, mengibarkan bendera merah putih dan melambaikan tangan ke arah tribun penonton. 

Para atlet asal Indonesia itu mengenakan kostum seragam rancangan anak tunggal Prabowo, Didit Hediprasteyo. 

Saat rombongan Kontingen Indonesia melintas, Prabowo yang mengenakan jas hujan langsung berdiri dan melambaikan tangannya. Eks Danjen Kopassus itu tampak tersenyum lebar sambil bertepuk tangan, menyemangati. Usai kapal melintas, Prabowo lalu memberikan salam dengan kedua tangannya kepada para penonton yang berada di sekitar tempat duduknya. 

Prabowo menyaksikan parade defile Kontingen itu bersama Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjabat Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung hingga 11 Agustus mendatang. Lebih dari 10 ribu atlet dari 206 negara akan bertanding dalam 329 nomor di 32 cabang olah raga. Indonesia mengirimkan 29 atlet yang akan berlaga di 12 cabang olahraga, antara lain renang, balap sepeda, atletik, judo, badminton, panahan, senam artistik, angkat besi, selancar ombak, dayung, dan panjat tebing.

Selamat berjuang 29 atlet Merah Putih!

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo