TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengalaman Pertama di Istana Presiden IKN, Jokowi Happy Tapi Tidurnya Belum Nyenyak

Laporan: AY
Selasa, 30 Juli 2024 | 08:22 WIB
Presiden Jokowi disalah satu ruangan Istana Kepresidenan IKN. Foto : Ist
Presiden Jokowi disalah satu ruangan Istana Kepresidenan IKN. Foto : Ist

IKN - Presiden Jokowi membagikan pengalamannya tidur pertama di Istana Presiden, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim). Jokowi merasa senang lantaran sejumlah fasilitas di IKN sudah rampung. Namun, Kepala Negara tidak bisa tidur nyenyak.

Jokowi berada di IKN sejak Minggu (28/7/2024). Hari pertama di IKN, Jokowi mengajak para selebriti motoran sambil menjajal jalan tol menuju IKN. Jokowi mengendarai sepeda motor custom berwarna dominan hijau. 

Ikut dalam rombongan Menteri PUPR/Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono serta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Selain itu, tampak pula para selebriti seperti Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Irwansyah, Zaskia Sungkar, Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Sintya Marisca, Ferry Maryadi, Gading Marten, Poppy Sovia, Willie Salim, Meicy Villia, hingga Dian Ayu Lestari.

Malamnya, Jokowi dan Ibu Iriana tidur di Istana Presiden IKN. Namun, Jokowi belum kerasan.

"Nggak nyenyak. Saya ngomong apa adanya. Ya mungkin karena baru pertama kali. Jadi, masih belum nyenyak,” ucapnya, sambil tertawa, kepada wartawan, di Istana Presiden IKN, Senin (29/7/2024).

Di hari kedua kemarin, Jokowi menjalani kerja perdana di IKN. Suasana kerjanya masih santai. Sebab, masih ada pekerja proyek yang mondar-mandir.

"Ya, kalau berkantor ya soft ngantor. Karena kan lewat pekerja juga," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi menjelaskan, hingga saat ini, pembangunan Istana Presiden masih terus berlangsung. Namun, pembangunan tersebut tidak menghalangi berbagai agenda penting seperti rapat di Ruang Kerja Presiden.

"Masih ada yang pembersihan, masih ada yang finishing. Semuanya masih dalam progres yang baik,” imbuhnya.

Untuk fasilitas, Jokowi bilang, semua sudah oke. “Air melimpah, listrik oke, internet bagus," beber Jokowi.

Bahkan, air kerannya bisa diminum secara langsung. Namun Jokowi belum mencobanya. "Oh belum, belum. Belum coba. Nanti keliru, gimana?” selorohnya.

Jokowi melanjutkan, pembangunan IKN berdampak besar pada perekonomian masyarakat Kaltim. Hal itu ditandai dari grafik pertumbuhan ekonomi dalam data Bank Indonesia (BI). Dalam data itu, terjadi pertumbuhan ekonomi di setiap kuartal.

"Artinya, pembangunan ini juga berdampak pada wilayah di sekitar IKN. Terakhir setahu saya sudah di atas 7 lebih sedikit. Tinggi sekali," sambung dia.

Di hari kedua ini, Jokowi melakukan rapat dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju (KIM) dan Otorita IKN. Plt Kepala Otoritas/Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjadi salah satu yang rapat dengan Jokowi.

"Kami beruntung menjadi tamu, organisasi pertama yang diterima Bapak Presiden (di Istana Presiden IKN). Saya lengkap dengan para deputi dengan ditemani Pak Menteri Perhubungan,” ucap Basuki.

Dia menyampaikan beberapa poin penting dari pertemuan tersebut. Pertama, Presiden menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam penataan IKN. "Jadi, jangan sampai masyarakat merasa tergusur. Kalau memang harus direlokasi, dicarikan tempat yang lebih baik,” ungkap Basuki.

Kedua, Jokowi meminta agar investasi di IKN dikelola dengan cepat dan efisien. Jokowi mengingatkan pentingnya kelengkapan perjanjian kerja sama (PKS) sebelum melakukan groundbreaking selanjutnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo