TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Usai Beda Rumah, Pemkot Tangsel Kini Sisir Warga yang Tak Miliki Septic Tank

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 31 Juli 2024 | 18:54 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat meninjau pembangunan tangki septik di wilayah Pondok Cabe Udik, Pamulang. Foto : Ist
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan saat meninjau pembangunan tangki septik di wilayah Pondok Cabe Udik, Pamulang. Foto : Ist

PAMULANG - Program pembangunan terus digencarkan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel). Tak hanya infrastruktur saja, namun juga sederet pembangunan lingkungan yang memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat. 

Misalnya saja bedah rumah, perbaikan jalan lingkungan, drainase, hingga pemasangan ribuan titik penerangan sampai ke pelosok jalan lingkungan warga. 

Namun tak berhenti sampai di situ. Pemkot Tangsel juga menyisir rumah-rumah warga yang belum memiliki tangki septik atau septic tank yang layak. 

Tahun ini, ratusan septic tank telah dibangun oleh Pemkot Tangsel melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Tuang (DCKTR) Kota Tangsel. 

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan, pembangunan ini dilakukan guna menciptakan lingkungan yang sehat. 

"Indonesia mencanangkan Indonesia Emas pada 2045. Artinya Indonesia sama sampai ke bawah sampai ke Tangsel harus memikirkan bagaimana caranya masyarakatnya sehat. Kita harapkan agar anak-anak kita lebih dari kita. Bahkan saya pikirin sampai ke septic tank. Supaya generasi di bawah kita, anak kita lebih baik dari kita," ungkap Benyamin saat menyerahkan hasil pembangunan septic tank kepada masyarakat di Pamulang Barat, Rabu (31/7/2024). 

Ia menjelaskan, tangki septik yang tidak layak akan menimbulkan kerugian bagi masyarakatnya itu sendiri. 

"Karena isinya penyakit. Apalagi lingkungan itu jadi tempat main anak. Ini lingkungan yang tidak sehat, kondisi begini tidak sehat. Makanya, melalui pembangunan ini kita ciptakan gimana tempat tinggal kita, gimana tempat anak kita bermain itu sehat. Salah satu faktornya, septic tank kita harus baik," terangnya. 

Senada dengannya, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan memaparkan, saat ini totalnya sudah ada 2.400 tangki septik individual yang telah dibangun. 

"Alhamdulillah sudah terlaksana dan sudah dirasakan manfaatnya untuk warga," paparnya. 

Untuk wilayah Pamulang Barat, terdapat 7 septic tank yang telah rampung dibangun. Sedangkan di wilayah Pamulang Timur, jumlahnya mencapai 33 unit. 

"Untuk Pondok Cabe Udik ada 32 unit, dan Pondok Cabe Ilir 18 unit," papar Pilar yang juga melakukan kegiatan serupa saat di wilayah Pondok Cabe Udik, Pamulang, Tangsel.

Selain melalui usulan, pemerintah melalui Dinas Kesehatan telah melakukan penyisiran terhadap masyarakat yang belum memiliki tangki septik yang layak. 

"Itu nanti kita data, ada berapa rumah yang belum memiliki, nanti kita bikin prioritas. Mana yang didahulukan. Ini kan bagian dari program kota sehat. Bagaimana menciptakan wilayah perumahan atau perkampungan yang bersih dan sehat. Jauh dari penyakit. Insya Allah tahun depan akan kita lanjutkan," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo