TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Persiapan HUT Ke-79 RI Di IKN, Mantan Presiden Diundang

Oleh: Farhan
Rabu, 07 Agustus 2024 | 09:17 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dipastikan akan menjadi inspektur upacara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Sementara itu, tidak semua menteri akan jadi peserta upacara di IKN.

Peringatan HUT ke-79 RI akan diadakan di dua lokasi, yakni IKN Nusantara, Kalimantan Timur, dan Istana Merdeka, Jakarta. Presiden Jokowi dan Presiden terpilih Prabowo Subianto akan memimpin upacara di IKN. Sedangkan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming di Istana Merdeka, Jakarta.

Guna menyukseskan perayaan ini, Pemerintah pun tidak main-main dalam mempersiapkannya. Pemerintah bahkan menyediakan sarana tempat tinggal berupa perkemahan mewah (glamping) bagi petugas upacara di Nusantara. Namun, berapa unit glamping yang disediakan, masih dihitung. Sekadar informasi, HUT RI di IKN akan melibatkan sekitar 1.000 orang.

“Ada beberapa hotel dan tentunya glamping perkemahan yang ada kita gunakan untuk peserta atau petugas,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (6/8/2024).

Pemerintah bekerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga menyiagakan 20 bus untuk melayani antar jemput peserta ke lokasi upacara Kemerdekaan RI. 20 bus yang disiapkan itu jenisnya HiAce. Nantinya, mereka akan dijemput di halte yang telah disiapkan di kawasan Batakan, Kaltim.

“Jadi, tidak boleh sembarangan mobil masuk karena takut nanti penumpukan atau macet,” ucap Ketua Badan Pimpinan Daerah (BPD) PHRI Kaltim, Sahmal Rukip.

Untuk petugas Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) rencananya akan diberangkatkan ke IKN pada 9 Agustus. Fomasinya masih tetap sama seperti tahun lalu. “76 orang putra-putri pelajar dari 38 provinsi,” ungkap Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Rima Agristina.

Selain itu, Presiden Jokowi juga telah bersiap memimpin upacara di IKN. Menurut Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Jokowi akan menjadi inspektur upacara.

Pratikno memastikan seluruh mantan Presiden diundang untuk mengikuti upacara di IKN. Sedangkan mantan Wakil Presiden akan mendapat undangan upacara HUT RI di Istana Merdeka, Jakarta.

Hal ini berbeda dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM). Menurut Pratikno, tidak semua menteri menghadiri upacara di IKN. “Kan harus disesuaikan dengan komposisi kesiapan infrastruktur dan pengalaman selama ini, menteri itu tidak semua juga di Istana,” tandas mantan Rektor Universitas Gadjah Mada itu.

Dituturkan Pratikno, ada menteri yang memang mengikuti Upacara 17 Agustus di daerah lain atau daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). “Jadi, nanti kami masih terus konfirmasi juga menteri-menteri yang menjadi inspektur upacara di daerah-daerah pinggiran,” sebut Pratikno.

Dia lantas mencontohkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang pada Upacara 17 Agustus 2023 menjadi inspektur upacara di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri). “Pemerintah mendukung (menteri) untuk memeriahkan HUT RI di daerah-daerah pinggiran,” jelasnya.

Kendati demikian, Pratikno mengungkap banyak pihak yang ingin mengikuti Upacara 17 Agustus di IKN melalui surat yang dikirim ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). “Mulai surat resmi sampai surat informal. Banyak banget, dari organisasi-organisasi sosial keagamaan,” beber dia.

Garuda Sukseskan HUT RI Di IKN

Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk ikut serta menyuksesakan HUT ke-79 RI di IKN. Diungkapkan Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, pihaknya menambah jumlah penerbangan ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan.

“Selebihnya, kami nanti akan berkoordinasi dengan penyelenggara (HUT RI) di IKN,” imbuh Irfan Setiaputra.

Irfan berujar terdapat penambahan tujuh penerbangan menuju Balikpapan yang akan dimulai pada 16 Agustus. “Kami juga sudah menyampaikan pesan, terutama ke panitia HUT RI di IKN, dan kami akan menerbangkan jenis pesawat besar,” papar dia.

Melihat kesiapan Pemerintah merayakan HUT RI di IKN, netizen ikut bersuara. “IKN siap untuk menggelar upacara perayaan HUT RI ke-79. 2.000 undangan dipersiapkan Pemerintah untuk menghadiri kemeriahan HUT RI ke-79,” tulis @xquitavee. “Semoga diberi kelancaran. Insya Allah. Amin,” timpal @benuacintaandin.

Akun @jameila81 merasa bangga Indonesia punya ibu kota baru. “Banggalah amazing ibu kota baru. Love,” ucap dia.

“@jokowi saya tunggu undangannya, Pak,” harap @pengawas1728522. “IKN keren,” pungkas @Chalatea1.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo