TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Gempa M2,8 Kota Bogor Dipicu Aktivitas Sesar Aktif Setempat

Oleh: Farhan
Minggu, 01 September 2024 | 20:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

BOGOR - Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah II menyampaikan penjelasan soal gempa tektonik bermagnitudo 2,8 yang menggetarkan Kota Bogor pada Minggu (1/9/2024) pukul 18.41.10 WIB.

Hasil analisis menunjukkan, gempa M2,8 ini memiliki episenter yang terletak pada koordinat 6.72 LS dan 106.65 BT. Berlokasi di darat, yang berjarak 21 km arah barat daya Kota Bogor, dengan kedalaman 12 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif wilayah setempat," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto via Instagram, Minggu (1/9/2024).

Baca juga : BMKG: Gempa M4,9 Bengkulu Dipicu Aktivitas Sesar Dasar Laut

Berdasarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan dengan skala intensitas I| MMI.

Dalam skala II MMI, gempa dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

Gempa M2,8 Kota Bogor diawali dengan gempa pendahuluan bermagnitudo M2,1 di lokasi yang sama pada pukul 18.33.39 WIB. Namun tidak terasa.

Hingga pukul 19.07 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

Rekomendasi

Terkait hal tersebut, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (https://bbmkg2.bmkg.go.id/atau https:// www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id.), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo