TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Harga Pertamax Turun, Pertamina Saran Isi Full Tank Mumpung Murah

Laporan: AY
Senin, 02 September 2024 | 16:29 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) secara resmi menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) non-subsidi per 1 September 2024. Penurunan ini mencakup sejumlah jenis BBM, termasuk Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex. 

Untuk wilayah DKI Jakarta, harga Pertamax kini menjadi Rp 12.950 per liter, turun dari sebelumnya Rp 13.700 per liter.

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, menjelaskan bahwa penurunan harga ini didasarkan pada beberapa pertimbangan. 

Salah satu pertimbangan adalah tren rata-rata harga minyak Mean of Platts Singapore (MOPS). Kemudian pengaruh nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

"Evaluasi dan penyesuaian harga BBM non-subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya," ujar Heppy dalam keterangannya, Minggu (1/9), seperti dikutip dari ANTARA.

Selain Pertamax, harga Pertamax Turbo juga mengalami penurunan, dari Rp15.450 menjadi Rp14.475 per liter. Harga Dexlite turun dari Rp15.350 menjadi Rp14.050 per liter, dan Pertamina Dex turun dari Rp15.650 menjadi Rp14.550 per liter.

Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Jatimbalinus, Ahad Rahedi menambahkan bahwa penyesuaian harga BBM non-subsidi ini sudah memperhitungkan persaingan dengan perusahaan penyedia BBM lainnya. 

"Mumpung ada penurunan harga silakan masyarakat bisa menambah volume pengisian lebih dari biasanya," kata Ahad.

Pertamina juga menyebutkan bahwa penyesuaian harga ini mengacu pada Keputusan Menteri ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 yang merupakan perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 mengenai Formula Harga Dasar dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo