TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kabinet Cuma Sebulan Lagi, Reshuffle Dianggap Nggak Efektif

Oleh: Farhan
Minggu, 08 September 2024 | 10:02 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

JAKARTA- Mundurnya Pramono Anung dan Tri Rismaharini dari kabinet karena maju di Pilkada 2024, membuat isu rehuffle muncul kembali. Namun, perombakan kabinet dinilai tidak akan efektif. Sebab, masa pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin hanya menyisakan waktu satu bulan lagi.

Presiden Jokowi akan purnatugas pada 20 Oktober 2024. Di hari yang sama, Prabowo Subianto akan dilantik menjadi Presiden ke-8 RI.

Di sisa waktu pemerintahan yang sekitar satu bulan ini, anggota Kabinet Indonesia Maju berkurang dua. Risma mundur dari posisi Menteri Sosial. Kemudian, Pramono juga mundur dari posisi Sekretaris Kabinet.

Untuk Risma, Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentiannya. Tugas Risma kemudian dirangkap Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, yang diangkat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Mensos.

Sedangkan untuk Pramono Anung, Keppres pemberhentiannya baru akan ditandatangani Jokowi pada 22 September nanti. Hal ini sesuai dengan permintaan Pramono.

Dengan berkurangnya dua orang di kabinet, apakah akan ada reshuffle lagi? Jokowi telah memberikan sinyal jelas. "Ya, bisa (reshuffle)," kata Kepala Negara, saat ditanya wartawan, di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (6/9/2024). Namun, Jokowi tak memberikan penjelasan gamblang mengenai waktu pelaksanaan reshuffle itu.

Lalu, kapan Jokowi melakukan reshuffle?Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi tak bisa memastikan. Dia hanya bilang, soal reshuffle, cuma Presiden yang tahu.

"Kita serahkan saja kepada Presiden. Itu hak prerogatif beliau," ucapnya, saat dihubungi Redaksi, Sabtu (7/9/2024).

Pramono Anung ikut bicara mengenai wacana reshuffle ini. Meski sinyalnya sudah ada, politisi PDIP ini memprediksi, Jokowi akan mempertahankan struktur kabinet yang sudah ada. Artinya, Jokowi tidak akan merombak jajaran menterinya. Sebab, masa pemerintahan Jokowi tinggal seumur jagung. 

"Kan tinggal satu bulan lagi," kata Cagub Jakarta ini, kepada wartawan, di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2024).

Ketika ditanya mengenai peluang reshuffle digelar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara lantaran Jokowi bakal berkantor di Kalimantan Timur sampai lengser, politisi PDIP itu, tak menjawab. Pramono hanya tertawa.

Sementara, pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno menilai, rencana reshuffle kabinet tidak lagi efektif. Sebab, periode kepemimpinan Jokowi tinggal sedikit lagi. Menteri baru tidak akan punya waktu untuk konsolidasi dan juga merancang program kerja.

Sisa waktu tinggal sangat sedikit. Siapa pun menteri penggantinya, pasti tidak akan efektif," ucap Adi, saat dihubungi Redaksi, Sabtu (7/9/2024).

Apabila tetap dipaksakan reshuffle, Adi menilai, itu hanya sebatas mengisi kekosongan. Sebab, dengan waktu yang terbatas itu, dua menteri baru tidak bisa memberikan kinerja yang signifikan.

"Pertimbangannya bukan lagi faktor kinerja, tapi cuma isi kekosongan," ucap Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI) itu.

Foto : Ist
Pos Sebelumnya:
3 Juta Berburu Loker PNS
Pos Berikutnya:
Ganjar Mulai Turun Gunung
Foto : Ist
Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo