TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ganjar Mulai Turun Gunung

Laporan: AY
Minggu, 08 September 2024 | 10:36 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAWA TENGAH -Mantan Capres 2024, Ganjar Pranowo mulai turun gunung membela jagoan PDI Perjuangan (PDIP) di Pilkada Serentak 2024. Didapuk sebagai Ketua Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Dewan Pimpinan Pusat (DPP-PDIP), Ganjar turun gunung secara maraton di empat kota.

“Saya sudah road show hari ini di Malang besok jalan lagi ke Surabaya, lusa ke Makassar, Jakarta,” kata Ganjar, di Malang, Jawa Timur, kemarin.

Mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode ini menegas­kan komitmennya membantu seluruh kader Banteng yang berkontestasi di Pilkada 2024, meraih kursi kepala daerah.

Kehadirannya mendukung jagoan Banteng, diharapkan bisa mendongkrak semangat kon­testan, tim pemenangan, hingga elektabilitas kandidat. “Saya harus siap mengawal seluruh calon dari PDIP," katanya.

Menuju gelaran Pilkada 2024, Ganjar juga menyoroti fenome­na kotak kosong di 41 daerah se-Indonesia. Ganjar mengatakan fenomena kotak kosong ini harus dievaluasi.

“Jadi proses demokrasi, de­mokratisasi mesti dilakukan dengan baik namun hari ini harus membuat evaluasi, kenapa sih harus ada kotak kosong,” katanya.

Ganjar menyebutkan fakta, satu-satunya kontestan di Pilkada Makassar tahun 2018 ka­lah perolehan suara dari kotak kosong. "Makassar pernah, yang menang kotak kosong," kata Ganjar.

Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengatakan, kotak kosong merupakan ba­gian dari demokrasi, sehing­ga kemenangannya tidak bisa disalahkan. Sebab, itu semua merupakan pilihan dari rakyat. Lebih lanjut, dia tak memungkiri fenomena ini juga menjadi alarm bagi seluruh partai politik.

"Jangan salah masyarakat bisa melawan dengan berpihak pada kotak kosong. Ini peringatan bagi partai politik, termasuk saya," pungkasnya.

Diketahui, kalender Pilkada 2024 saat ini memasuki tahapan penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus hingga 21 September 2024. Sedangkan, pemungutan suara pada 27 November.

Kemudian penghitungan suara serta rekapitulasi hasil penghi­tungan suara, pada 27 November hingga 16 Desember 2024.

Diketahui, Ganjar Pranowo pernah mencalonkan diri maju di perhelatan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang berpasangan dengan Mahfud Md sebagai calon wakil presiden.

Hasil akhir rekapitulasi suara Komisi Pemilihan Umum (KPI) Republik Indonesia memutus­kan, pasangan Prabowo-Gibran keluar sebagai pemenang Pilpres 2024 dengan meraih 96.214.691 suara.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md mendapat­kan 27.040.878 suara. Adapun, total surat suara sah berjumlah 164.227.475 suara.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo