TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Cak Imin Akan Menjabat Ketum PKB Hingga 2029 Saja

Laporan: AY
Senin, 09 September 2024 | 11:12 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siap melepaskan jabatan PKB-1. Bukan sekarang. Tapi nanti, di 2029.

Menurutnya, lima tahun ke depan adalah era PKB go public, milik seluruh rakyat Indonesia. “Karena itu, mengakhiri periode jabatan saya ini, saya mau, tetapi sekali ini saja, lima tahun ke depan adalah tar­get go public,” ujar Cak Imin, di Jakarta, kemarin.

Diketahui, PKB baru saja merampungkan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) pada 24-25 Agustus, di Bali. Hasilnya, ditetapkan Cak Imin kembali menjadi Ketua Umum, dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syura PKB periode 2024-2029.

Rencananya, Cak Imin akan meletakkan jabatannya seusai masa bakti 2024-2029. Di lima tahun sisa kepemimpinannya ini, Cak Imin menginginkan PKB go public.

“Era PKB go public, tidak hanya milik segelintir orang, sekelompok organisasi, tetapi benar-benar milik seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Misalnya, di lima tahun ke de­pan ini, PKB tidak hanya untuk ormas Nahdlatul Ulama (NU). Menurutnya, amanah untuk me­mimpin DPP PKB selama lima tahun mendatang dinilai berat. Sebab, mengupayakan partai ti­dak lagi dianggap sebagai parpol untuk golongan tertentu.

Wakil Ketua DPR ini ber­syukur, atas dukungan yang diberikan Pemerintah kepa­da PKB melalui pengesahan struktur kepengurusan partai hasil Muktamar Bali melalui Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham),

“Disahkan kepengurusan DPP PKB Menkumham ini menun­jukkan kita sudah harus mulai bekerja untuk demokrasi,” ka­tanya.

Mantan Menteri Tenaga Kerja ini menilai, penting terjadinya transisi kepemimpinan di tubuh PKB dari kader-kader senior ke generasi muda. Saat ini, par­tainya tengah membuat terobo­san dengan memberikan posisi Ketua Harian DPP dari kalangan anak muda.

"Kita lagi workshop yang diikuti puluhan anak muda dari seluruh Indonesia. Dari berbagai latar belakang, dari partai, nonpartai, berbagai macam yang itu nanti mungkin pertengahan akhir bulan ini sudah finish," katanya.

Nantinya, akan ada satu tim PKB yang dipimpin ketua harian. Dia menyebut sosoknya benar-benar dari kalangan anak muda.

"Semua akan dalam satu dream team yang kecil yang akan mengendalikan day to day PKB ke depan. Jadi saya tinggal nonton-nonton," kelakarnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo