TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Tinjau Pengerjaan Turap, Pilar : Fokus Kami Penanganan Banjir

Laporan: Rachman Deniansyah
Selasa, 10 September 2024 | 18:21 WIB
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan (kanan) saat meninjau pengerjaan sejumlah pembangunan turap di wilayah Serpong Utara. Foto : Ist
Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan (kanan) saat meninjau pengerjaan sejumlah pembangunan turap di wilayah Serpong Utara. Foto : Ist

CIPUTAT TIMUR - Penanganan persoalan banjir nampaknya masih menjadi fokus utama pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot).

Sejumlah pembangunan konstruksi kini tengah digencarkan, misalnya saja pembangunan turap di sepanjang Kali Ciater Hilir Perumahan Serpong Park Laverde wilayah Serpong Utara dan turap di Kali Ciputat Segmen Perumahan Nuri di wilayah Ciputat Timur. 

Saat melakukan peninjauan, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan, pembangunan turap di kedua aliran kali tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya banjir. 

"Mudah-mudahan ini bisa menangani masalah banjir yang ada di Tangsel, karena memang fokus kami dalam beberapa tahun ini penanganan masalah banjir," ujar Pilar usai meninjau kedua lokasi tersebut, Selasa (10/9/2024).

Saat melakukan peninjauan, Pilar mengecek seluruh pengerjaan secara mendetail. Termasuk juga progres pembangunan yang ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Alhamdulillah beralan lancar, tadi saya lihat dari gambar kerja juga. Saya tanya dimensinya, mutu beton, dan berapa lama kerjanya. Insya Allah semua terkejar, sesuai rencana target di akhir tahun ini," ungkap Pilar. 

Lebih lanjut, Pilar memaparkan, pembangunan turap di kedua aliran sungai tersebut dilakukan hingga sepanjang kurang lebih satu kilo meter. 

"Panjang turab di Perumahan Nuri ini 1.000 meter, Serpong Park hampir satu kilometer. Tingginya variasi, di Nuri ini bisa 5-6 meter dari pondasi, yang pasti semua sudah diperhitungkan secara teknis agar air tidak masuk ke area perumahan," paparnya. 

Selain melakukan peninjauan di kedua pembangunan turap tersebut, pada kesempatan yang sama Pilar juga meninjau pengerjaan pembangunan jalan masuk Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sari Mulya yang berlokasi di kawasan Setu, Tangsel.  

"Yang di Sari Mulya tadi akses jalan dalam waktu dekat ini Insya Allah terhubung. Kita melakukan pengecoran untuk masuk ke area pemakaman yang telah kita bangun TPU Sari Mulya," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua RW 016 Kelurahan Jelupang, Muhammad Soleh Hakim mengucapkan bahwa pembangunan ini sangat bermanfaat bagi warganya. 

"Alhamdulillah dalam penanggulangan banjir ini proyek turap ini warga merasa tertolong dan sangat bersyukur," kata Soleh.

Ia mengatakan, dengan adanya turap ini warganya kini sudah tak was-was lagi setiap kali hujan mengguyur. 

"Tidak was-was lagi dalam menghadapi akan adanya banjir, dengan adanya turap ini warga sini sangat tenang dan sangat bersyukur karena Pemkot Tangsel yang sangat memperhatikan masyarakatnya. Jadi penghuni merasa nyaman. Selama ini kalau hujan turun warga sulit tidur karena takut banjir. Tempo hari banjir sampai 160 centimeter," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo