TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Menyambut Positif Wacana Pertemuan Prabowo-Megawati

Laporan: AY
Kamis, 03 Oktober 2024 | 09:16 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi menyambut positif wacana pertemuan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Presiden terpilih, Prabowo Subianto. Jokowi meyakini, pertemuan tersebut bakal berdampak positif untuk kemajuan negara dan bangsa.

"Saya kira, baik pertemuan itu, sehingga komunikasi antar-tokoh-tokoh bangsa bisa sambung untuk kemajuan negara, untuk kemajuan bangsa," kata Jokowi, di Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (2/9/2024).

Pakar politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan sependapat dengan Jokowi. Kata dia, pertemuan Prabowo dan Mega sangat penting bagi stabilitas politik Indonesia. Mega merupakan representasi dari pemenang Pileg 2024 dan Prabowo merupakan pemenang Pilpres 2024.

Prof Kacung yakin, Prabowo dan Mega sama-sama negarawan. Pertemuan yang akan dilakukan keduanya adalah demi kebaikan bangsa.

"Pak Prabowo adalah Presiden terpilih, Bu Mega mantan Presiden dan ketum partai pemenang Pileg. Keduanya orang penting di Indonesia. Pertemuan keduanya akan membuat potensi ketegangan mengendur. Itu modal bagus untuk pemerintahan Pak Prabowo," ucap Prof Kacung, Rabu (2/10/2024).

Rencana pertemuan Prabowo dan Mega terus dimatangkan. Prabowo berharap, pertemuan itu bisa dilaksanakan sebelum pelantikan Presiden, 20 Oktober nanti. "Mudah-mudahan sebelum pelantikan,” jelas Prabowo, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2024). 

Menteri Pertahanan ini mengamini rencana pertemuannya dengan Mega bisa terwujud. “Insya Allah,” sambungnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra, Hashim Djojohadikusumo ikut bicara mengenai rencana pertemuan ini. Adik kandung Prabowo ini mengungkapkan, sudah sejak lama kakaknya ingin bertemu dengan Mega. "Bapak Prabowo sudah menunggu dua tahun. Dua tahun,” kata Hashim, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/10/2024).

Ketua DPP PDIP, Said Abdullah juga mengkonfirmasi rencana pertemuan Mega dan Prabowo. Dia memastikan, pertemuan itu akan segera terwujud. "Saya sampaikan, menghitung hari, pertemuan Bapak Prabowo dengan Ibu Mega,” ucap Said. 

Bendahara Umum PDIP, Olly Dondokambey juga menyampaikan hal senada. "Sudah ada komunikasi mereka. Tinggal tentukan tempatnya di mana,” ucapnya. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani dan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyebut, menu makanan yang akan dihidangkan dalam pertemuan itu sudah ditentukan. Lokasi pertemuan juga sudah dipastikan. Namun, waktunya masih dicocokkan.

Dasco menuturkan, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan PDIP untuk menyiapkan agenda pertemuan Prabowo dengan Mega. Dalam komunikasi itu, ada beberapa hal yang sudah disepakati. Seperti lokasi pertemuan dan menu makanan. 

Namun, ada juga yang masih dalam pembahasan. Seperti, tanggal atau waktu pertemuan. Sampai saat ini, Prabowo dan Mega masih mencari waktu yang cocok.

"Masalah tanggal, masalah tempat, ini juga masih (harus) dipastikan karena masing-masing saling mencocokkan. Yang pasti, soal makanan sudah ditentukan," kata Dasco, di Kompleks parlemen, Jakarta, Kamis (26/9/2024). 

Puan juga membenarkan, pertemuan antara Prabowo dengan Mega akan segera digelar. "Insya Allah akan segera kita adakan pertemuan Ibu Mega dengan Pak Prabowo. Dalam waktu yang timing-nya tepat. (Lokasi) di tempat yang asyik," ujar putri bungsu Mega ini, di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2024).

Ketua DPR itu menepis, belum digelarnya pertemuan antara Mega dan Prabowo karena saling tunggu. Kata dia, Mega dan Prabowo belum bertemu karena sama-sama punya kesibukan masing-masing. Yang pasti, baik Mega maupun Prabowo sudah sama-sama miliki keinginan untuk bertemu. Tinggal jadwalnya saja yang perlu dicocokkan.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo