TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Bawaslu Tangsel Ajak para Pemuda Berperan Aktif Awasi Pilkada

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 09 Oktober 2024 | 14:07 WIB
Bawaslu Tangsel mengajak para pemuda ikut awasi Pilkada. Foto : Ist
Bawaslu Tangsel mengajak para pemuda ikut awasi Pilkada. Foto : Ist

SERPONG - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengajak para pemuda di wilayahnya untuk ikut berperan aktif mengawasi jalannya setiap tahapan perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024, yang kini tengah berlangsung.

Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhamad Acep mengatakan bahwa untuk mengawasi jalannya suatu pesta demokrasi secara keseluruhan, diperlukan partisipasi seluruh elemen masyarakat. 

Termasuk juga peran dari para pemuda yang notabene menjadi generasi penerus dan menjadi penerima warisan demokrasi di bangsa ini. 

"Bagaimana membangun kolaborasi antara Bawaslu dan organisasi terkait intelektual dan kepemudaan. Saya berharap adik-adik peduli terhadap pemilu. Bagaimana caranya? Adalah dengan menjadi pengawas partisipatif," ucap Acep dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif yang berlangsung di bilangan Serpong, Tangsel, Rabu (9/10/2024). 

Menurutnya, Bawaslu tidak bisa sendirian. Diperlukan keterlibatan masyarakat agar pengawasan dapat berjalan optimal. 

"Ikut mengawasi dugaan pelanggaran yang muncul dalam Pemilihan. Karena mata kami kurang. Kami butuh mata-mata, kawan-kawan semua untuk ikut mengawasi," ungkap Acep. 

Lebih lanjut, Komisioner Bawaslu Kota Tangsel Kordiv Penanganan Pelanggaran A. Didik. T menuturkan, sedikitnya ada sebanyak 50 pemuda yang meramaikan kegiatan ini. 

"Kami mengundang berbagai elemen masyarakat. Untuk kali ini kita mengundang teman-teman Organisasi Kepemudaan (OKP). Kita harapkan pemuda dan semua lapisan masyarakat untuk mau peduli utamanya, kemudian bisa berpartisipasi dalam pengawasan," tuturnya. 

Jadi nantinya, lanjut Didik, para pemuda bisa berpartipasi melakukan laporan jika sewaktu-waktu menemukan dugaan pelanggaran.  

"Jadi ketika mereka melihat sesuatu yang sekiranya janggal, mereka bisa lebih aktif untuk berkomunikasi kepada kita. Apakah itu pelanggaran atau bukan. Artinya bukan hanya Bawaslu yang melakukan pengawasan terhadap Pilkada ini tapi seluruh masyarakat kita ajak untuk ikut berpartisipasi. Jika menemukan, bisa langsung berkomunikasi ke Bawaslu, bisa langsung bisa juga melalui sosial media yang kami miliki," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo