TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi Janji Bakal Sering Ke IKN

Laporan: AY
Minggu, 13 Oktober 2024 | 07:57 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Presiden Jokowi menyatakan akan tetap rajin datang melihat Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, meskipun dirinya sudah pensiun dari presiden.

Masa jabatan Jokowi sebagai Presiden tinggal seminggu lagi. Pada 20 Oktober 2024, kepemimpinannya akan diteruskan oleh Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Nanti rutin (ke IKN setelah pensiun),” kata Jokowi, di IKN, Jumat (11/10/2024).

Jokowi meminta kepada pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka agar terus menggenjot pembangunan IKN. Bahkan, Kepala Negara berharap agenda atau kegiatan kenegaraan yang berpotensi dihadiri banyak orang untuk menggunakan fasilitas IKN.

“Kita harapkan, nanti kegiatan-kegiatan kenegaraan yang besar, yang butuh tempat yang gede, bisa dilakukan di sini, di IKN,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga memuji interior dan desain beberapa bangunan yang ada di Nusantara. “Finishing-nya bagus, pengecatan bagus, detail-detail ukurannya bagus, kualitasnya bagus,” ungkap dia.

Diketahui, beberapa hari sebelum pensiun, Jokowi terus mengebut sejumlah peresmian fasilitas utama dan pendukung IKN. Teranyar, Jokowi meresmikan Istana Negara pada Jumat (11/10/2024).

Di kesempatan sama, Jokowi juga meresmikan RS Mayapada Hospital Nusantara. Jokowi menyampaikan pentingnya keberadaan fasilitas kesehatan berkualitas di kawasan IKN. Tujuannya untuk memberikan kepercayaan kepada para investor, Aparatur Sipil Negara (ASN), serta masyarakat yang berencana pindah ke ibu kota baru.

Selain Istana Negara dan RS Mayapada Hospital Nusantara, Jokowi juga meresmikan RS Hermina Nusantara. Jokowi mengapresiasi kecepatan pembangunan rumah sakit ini, sehingga sudah beroperasi, bahkan menerima pasien.

Sementara, Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danis Hidayat Sumadilaga memastikan, pihaknya siap membangun satu kantor kementerian koordinator (kemenko) lagi jika memang dibutuhkan.

“Acuan kita masih empat Kemenko. Kalau nanti ada perubahan, kita akan sesuaikan lagi, kita menunggu perintah saja, seperti apa situasinya,” sebut Danis, Sabtu (12/10/2024).

Danis mengaku, memang ada arahan lebih lanjut terkait pembangunan sarana dan prasarana dasar yang dibiayai APBN. Termasuk untuk membangun satu kantor Kemenko lagi pada 2025.

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno menilai, pembangunan IKN memang membutuhkan treatment khusus. Makanya, Jokowi memastikan, akan sering-sering ke IKN. “Yang dilakukan oleh Jokowi semacam memberi sinyal bahwa IKN harus dilanjutkan oleh Prabowo dan Gibran,” nilai Adi.

Rencana Jokowi akan sering-sering mengunjungi IKN mendapat dukungan dari warganet. “Luar biasa Pak Jokowi, pancen oye,” timpal @NasibulU.

Akun @SuBagi380981 tidak mempermasalahkan rencana Jokowi yang akan sering-sering ke IKN usai purna tugas. “Setiap jam pun nggak masalah,” ucapnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo