TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo-Gibran Temui Jokowi, Kompak Saling Dukung

Laporan: AY
Senin, 14 Oktober 2024 | 08:32 WIB
Presiden Jokowi bersama Prabowo dan Gibran saat makan siang bersama. Foto : Ist
Presiden Jokowi bersama Prabowo dan Gibran saat makan siang bersama. Foto : Ist

SOLO - Seminggu sebelum pelantikan, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menemui Presiden Jokowi, di Solo. Pertemuan berlangsung dalam suasana yang sangat hangat. Jokowi, Prabowo, dan Gibran kompak, saling mendukung.

Prabowo tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu, (13/10/2024) siang. Kedatangan Presiden terpilih ini, dijemput langsung Gibran, Wakil Presiden terpilih yang juga putra sulung Jokowi.

Prabowo tampil rapi, mengenakan batik coklat dipadu dengan peci dan kacamata hitam. Sementara Gibran, mengenakan kemeja putih lengan panjang digulung sesiku, mirip gaya Jokowi. Gibran menghampiri Prabowo yang turun dari pesawat, yang berwarna putih dengan kelir merah. Pada badan pesawat terdapat tulisan besar 'REPUBLIK INDONESIA' dengan gambar Garuda di depannya.

Keduanya kemudian menuju mobil Toyota Alphard putih bernomor polisi H-805-PS, yang sudah standby. Sambil berjalan, Prabowo-Gibran nampak berbincang. Keduanya lalu menaiki mobil tersebut dan menuju kediaman Jokowi, di Jalan Kutai Utara I, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Prabowo dan Gibran tiba di kediaman Jokowi pukul 14.15 WIB. Saat tiba, mereka langsung bergegas masuk rumah dan melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi.

Sekitar pukul 15.45 WIB atau setelah 90 menit, Prabowo terlihat meninggalkan rumah Jokowi. Namun, tidak ada keterangan yang disampaikannya kepada wartawan. Prabowo hanya membuka kaca pintu mobil Alphard putihnya, sambil melambaikan tangan dan mengacungkan jempol kepada awak media. Selanjutnya, dia pergi meninggalkan lokasi.

Beberapa saat kemudian, Presiden Jokowi membagikan suasana pertemuan dengan Prabowo-Gibran tersebut di akun Instagram @jokowi. Ada tiga foto yang yang diunggah Kepala Negara.

Dalam foto tersebut, tampak ada lima orang dalam pertemuan itu. Selain Jokowi, Prabowo, dan Gibran, ada juga Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, dan satu orang lain, yang wajahnya tidak diketahui karena membelakangi kamera.

Mereka duduk di meja makan yang berbentuk panjang. Jokowi dan Prabowo duduk berhadap-hadapan. Sedangkan Gibran duduk di samping kanan Prabowo dan Sufmi di samping kiri Prabowo. Di atas meja makan tampak ada buah-buahan, air mineral, dan jus.

Suasana pertemuan terlihat begitu hangat. Saat Jokowi bicara, Prabowo dan Gibran menatapnya dengan mata berbinar dan wajah tersenyum. Demikian sebaliknya, saat Prabowo bicara, Jokowi menatapnya dengan wajah tersenyum lebar, sampai gigi-giginya terlihat.

"Diskusi akhir pekan bersama Presiden terpilih Prabowo Subianto," tulis Jokowi, memberikan keterangan dalam unggahan fotonya tersebut.

Kompaknya Jokowi, Prabowo, dan Gibran dalam pertemuan itu, dikonfirmasi Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. “Silaturahmi, kebersamaan dan keberlanjutan. Itu tema utamanya,” ucap Pratikno, saat ditanya wartawan, melalui pesan singkat, Minggu (13/10/2024).

Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno mengatakan, pertemuan Jokowi dan Prabowo di Kota Solo merupakan agenda mendadak. Menurutnya, kedatangan Prabowo ke Solo dalam kapasitas sebagai Menteri Pertahanan.

“Kegiatan beliau bukan kegiatan partai. Makanya kami diperintahkan tidak boleh mendampingi,” ujarnya, Minggu (13/10/2024).

MPR Temui Jokowi & Prabowo

Sementara, MPR terus mematangkan agenda pelantikan Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden, 20 Oktober nanti. Ketua MPR Ahmad Muzani menyampaikan, hari ini pihaknya bakal menemui Presiden Jokowi, Wapres KH Ma’ruf Amin, Prabowo, dan Gibran untuk persiapan pelantikan.

Muzani menyebut, safari MPR dimulai dengan mengunjungi Prabowo di Kantor Kementerian Pertahanan sekitar pukul 11.00 WIB. Setelah itu, dilanjutkan dengan menghadap Presiden Jokowi di Istana Negara sekitar pukul 13.30 WIB.

"Untuk menyampaikan undangan secara resmi, untuk mengundang Presiden RI hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden," kata Muzani, kepada wartawan di kawasan Serpong, Tangerang, Minggu (13/10/2024).

Muzani melanjutkan, Pimpinan MPR akan bertemu dengan Ma'ruf Amin di Rumah Dinas Wapres sekitar pukul 16.30 WIB. "Setelah itu, pimpinan MPR akan bertemu dengan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo