TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Pengamat: Rotasi 4 Pemain STY Bikin Blunder

Laporan: Dzikri
Rabu, 16 Oktober 2024 | 09:25 WIB
Skuad pasukan Timnas. Foto : Ist
Skuad pasukan Timnas. Foto : Ist

JAKARTA - Koordinator Save Our Soccer (SOS) Akmal Marhali menilai, perubahan total yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong dalam skuad Merah Putih di pertandingan melawan China menjadi salah satu penyebab kekalahan pertama Indonesia di babak kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Qingdao Youth Stadion pada Selasa (15/10/2024), Indonesia dikalahkan China 1-2.

"Cukup blunder rotasi empat pemain yang dilakukan pelatih STY di laga melawan Cina ini, ketimbang saat melawan Bahrain. Yang cukup fatal dan mengejutkan adalah dicadangkannya Thom Haye," papar Akmal dalam keterangannya, Selasa (15/10/2024) malam.

"Haye digantikan Nathan Tjoe-A-On. Ini mengurangi daya dobrak timnas, padahal China bermain biasa saja," imbuhnya.

Di babak pertama, Indonesia tertinggal di dengan skor 0-2. Gawang Merah Putih dibobol Behram Abduwelli pada menit ke-23 dan Yuning Zhang menit ke-44.

Di babak kedua, Indonesia berhasil mencetak gol balasan, lewat Thom Haye pada menit ke-86.

Dalam pandangan saya, setelah tiga laga, STY seharusnya sudah punya inti starting eleven yang menjadi andalan di laga-laga penting seperti ini. Jika ada perubahan, maksimal satu atau dua pemain. Bukan malah empat pemain dirotasi. Itu sangat riskan," tandasnya.

Akmal menekankan, STY dan Timnas harus mengambil pelajaran dari China. Menurutnya, secara permainan, kita tidak kalah. Hanya saja, China lebih efektif dalam memanfaatkan peluang.

"Semoga, mental para pemain bisa bangkit dari kekalahan ini. Karena akan ada dua laga berat melawan Jepang dan Arab Saudi," tutur Akmal.

Di dua laga mendatang, Jay Idzes dan Ivar Jenner akan absen karena akumulasi kartu. Di tengah situasi ini, Akmal berharap, proses pewarganegaraan Kevin Dicks bisa cepat selesai. Justin Hubner dan Jordi Amat bisa lekas pulih dari cedera.

"Masih ada lima laga lagi. Peluang menuju Piala Dunia masih sangat terbuka. Tinggal bagaimana STY bisa membangkitkan para pemain, dari dua hasil yang tak sesuai ekspektasi di Bahrain dan Cina," ujar Akmal.

Dengan hasil ini, Indonesia masih tertahan di posisi kelima klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga Grup F, dengan torehan tiga poin. 

China yang masih ada di posisi terbawah, juga membukukan poin yang sama. Namun, kalah selisih gol dari Indonesia.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo