TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

SMAN 2 Tangsel & Fakultas Biologi UGM Gelar Seminar, Kenalkan Prodi Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati

Laporan: Redaksi
Sabtu, 26 Oktober 2024 | 19:54 WIB
Pjs Wali Kota Tangsel, Tabrani bersama Kepala SMAN 2 Tangsel dan para dosen UGM. (ist).
Pjs Wali Kota Tangsel, Tabrani bersama Kepala SMAN 2 Tangsel dan para dosen UGM. (ist).

SERPONG-Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) gelar roadshow seminar dengan tema "Biology in The 21st Century, Biomimetics, Metaverse, and AI in Applied Biology" di SMAN 2 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Jumat (25/10/2024). 

Acara ini terselenggara berkat kolaborasi antara Fakultas Biologi UGM dengan berbagai pihak, termasuk SMAN 2 Kota Tangsel, KAGAMA Tangsel, Kabiogama, dan MGMP Biologi Kota Tangerang serta Kota Tangsel.

Hadir dalam kesempatan itu, Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Tangsel yang juga kepala Dindikbud Provinsi Banten, Tabrani, Didik Purwadi perwakilan dari KAGAMA Tangsel,  Abu Yazid kepala SMAN 2 Kota Tangsel, Ketua Komite Sulhaji Jompa, dan Dekan Fakultas Biologi UGM Budi Setiadi Daryono.

Pjs Wali Kota Tangsel yang juga Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Tabrani mengapresiasi kegiatan tersebut. "Saya dikasih tahu  lewat telepon sama Kepala SMAN 2, tapi karena saya adalah guru dan ini adalah sahabat-sahabat saya yang datang ke sini juga dari Universitas Gadjah Mada ( UGM) langsung, makanya saya tetap berbagi waktu saya datang ke sini," kata Tabrani. 

Kepala SMAN 2 Kota Tangsel, H Abu Yazid mengungkapkan, acara yang diselenggarakan ini sangat luar biasa dengan suport dan bantuan pemikiran dari berbagai pihak.

"Dan Alhamdulillah mudah-mudahan ini menjadi suatu pemikiran inspirasi dari bapak ibu sekalian bahwa sekolah lain pun bisa seperti SMAN 2. Komite dan timnya membuka peluang untuk saling sharing datang ke SMAN 2 bagaimana menyiapkan kembali komite yang ada di sekolah, jadi kalau di sekolah lain itu kadang-kadang hanya sebagai nama saja biasanya, tapi kalau di di SMAN 2 ini bukan sekadar nama saja, tapi sebagai penggiat dan koordinator, penyemangat dari setiap  kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan ini merupakan kegiatan yang inisiasi komite sekolah  dengan KCD (Kantor Cabang Dinas), sehingga bisa terlaksana dengan baik,' tutur  Abu Yazid. 

Roadshow diawali dengan penyampaian materi oleh Arief Prihantoro, dengan judul "Mendorong Inovasi Berbasis Sains di Kalangan Remaja" pada sesi pertama. Dilanjutkan oleh Murni Indarwatmi yang memaparkan tentang "Aplikasi Teknik Nuklir Bidang Biologi" dalam sesi keduanya. 

Selanjutnya, pada sesi ketiga diisi oleh Prof. Dr. Budi Setiadi Daryono, S.Si., M.Agr.Sc., dengan topik "Biology in The 21st Century, Biomimetics, Metaverse, and AI in Applied Biology".bAcara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang interaktif, melibatkan para peserta yang terdiri dari kepala sekolah dan guru biologi se-Kota Tangerang dan Kota Tangsel. 

Pada sesi terakhir roadshow menghadirkan panel diskusi yang dipandu oleh Prof. Rina Sri Kasiamdari, S.Si., Ph.D., sebagai Ketua Program Studi Profesi Kurator Hayati dan Tyas Ikhsan Hikmawan, S.Si., M.S., Ph.D. sebagai pengelola program International Undergraduate Program (IUP) Fakultas Biologi UGM. 

Mereka memaparkan program studi baru di Fakultas Biologi UGM, yaitu Program Profesi Kurator Keanekaragaman Hayati serta program International Undergraduate Program (IUP). Dalam momen  ini dihadiri oleh para siswa SMAN 2 Kota Tangsel dengan dukungan penuh dari berbagai pihak. 

Dengan diselenggarakan acara ini diharapkan dapat mendorong minat generasi muda untuk lebih mendalami sains dan biologi serta memahami peran teknologi terkini seperti metaverse dan Kecerdasan Buatan (AI) dalam pengembangan ilmu biologi. Seminar ini juga diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi para siswa, tetapi juga memberikan informasi bagi para guru biologi di Kota Tangerang dan Kota Tangsel untuk dapat memperkaya metode pengajaran mereka dengan inovasi terkini di bidang biologi, seperti penerapan biomimetika, metaverse, dan Kecerdasan Buatan( AI). 

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo