TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kekayaan Ketua KPK Disorot Netizen

Laporan: AY
Senin, 03 Oktober 2022 | 10:27 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri. (Ist)
Ketua KPK Firli Bahuri. (Ist)

JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjadi sorotan. Netizen ramai membahas harta kekayaan Firli yang bertambah Rp 1,1 miliar lebih dalam setahun terakhir.

Hukum Milik Penguasa dalam akun Twitter-nya @HukamDan mengunggah judul berita tentang Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) lima pimpinan KPK.

“Wuiih, busyet dah. Ini harta apa daun pisang. Duit dapat dari mana bisa melesat jauh begitu,” ujar @HukamDan dalam caption-nya.

Akun @rumahqudepok kagum dengan naiknya harta Jenderal Polisi Firli Bahuri. Dia heran dengan pejabat di Indonesia yang makin kaya. Namun, dia buru-buru menyergahnya bahwa kemungkinan pertambahan kekayaan pejabat, karena banyaknya bisnis dan usahanya.

“Woooow fantastis, enak ya jadi Ketua KPK sekarang, kekayaannya berlipat-lipat,” sambung @cholid.

Akun @Hadi_Setyagraha mendesak agar asal muasal harta kekayaan Firli Bahuri dilacak

Akun @wahyu_djanti88 juga mendesak Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menelusuri harta Firli yang melesat tinggi seperti mobil Esemka.

“PPATK perlu mengusut dan membuka harta kekayaan Firli dapat dari mana duit sebanyak itu. Sebab, bisa jadi ada unsur gratifikasi dalam penanganan kasus,” ujar @Mr_Pahlewa.

Senada, @RadinataDI juga meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit harta kekayaan Firli. Melonjaknya kekayaan Firli secara drastis harus ada riwatnya.

Padahal hasil kerjanya belum maksimal,” kata @RadinataDI.

Harusnya, kata @ColetahRakyat44, BPK melakukan audit harta kekayaan Firli dan juga anggaran KPK saat berada di bawah kepimpinannya.

Akun @OrangKampung81 mendesak Firli Bahuri menugaskan anak buahnya melakukan penyelidikan kepada Ketua KPK saat ini.

“Karena mempunyai harta yang banyak,” ujar @OrangKampung81. “Seharusnya laporan harta kekayaan pejabat negara terbuka saja, sehingga bisa diketahui publik. Bahkan, lebih baik lagi dilaporkan setiap 6 bulan sekali,” ujar @salehali2019.

Akun @Irsanjoss mempelesetkan kepanjangan KPK menjadi Komisi Pendulang Kekayaan. @MabaSoagimalaha mengatakan, Ketua KPK terpilih saat ini memang sejak awal pemilihan Komisioner KPK sudah dipermasalahkan banyak orang, tapi tetap lolos.

“Diduga ada kekuatan oligarki di belakang (Firli) yang sengaja dipakai untuk menjegal orang-orang yang dianggap membahayakan agenda-agenda oligarki,” ujarnya.

Sementara, @Kokoa membela Firli. Dia bilang, kenaikan harta Ketua KPK Firli Bahuri sebesar Rp 1,1 miliar selama setahun atau sekitar 5 persen masih masuk akal. Di antaranya, ada kemungkin kenaikan aset tanah.

“Dukung bila Ketua KPK punya banyak uang. Karena siapa tahu saat lagi santai bisa bantu bagi duit buat orang yang kesusahan,” ujar @Handy_T.

Dilansir dari situs elhkpn.kpk.go.id, Firli Bahuri melaporkan harta kekayaan terkini pada 22 Februari 2022. Jumlahnya mencapai Rp 20,7 miliar.

Pada laporan sebelumnya tertanggal 18 Februari 2021, harta kekayaan Firli sebesar Rp19.581.595.227. Dengan kata lain, ada peningkatan sejumlah Rp1.135.395.458. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo