TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Jokowi: Alhamdulillah, FIFA Tak Jatuhkan Sanksi Untuk Sepak Bola Indonesia

Laporan: AY
Sabtu, 08 Oktober 2022 | 08:28 WIB
Presiden Jokowi. (Ist)
Presiden Jokowi. (Ist)

JAKARTA - Presiden Jokowi menyampaikan isi surat dari Federasi Sepakbola Internasional (FIFA), yang merupakan hasil tindak lanjut pembicaraan per telepon, antara dirinya dengan Presiden FIFA Gianni Infantino, pada Senin (3/10) lalu.

Pembicaraan per telepon Jokowi dengan Infantino, dilakukan setelah terjadi tragedi Kanjuruhan, yang merenggut 131 nyawa pasca pertandingan Liga 1 antara tuan rumah Arema FC dan Persebaya Surabaya pada Sabtu (1/10).

"Alhamdulillah, sepakbola Indonesia tidak dikenai sanksi oleh FIFA," kata Jokowi dalam keterangan pers virtual, Jumat (7/10).

FIFA bersama-sama dengan pemerintah akan membentuk tim transformasi sepakbola Indonesia. Selama proses tersebut, FIFA akan berkantor di Indonesia.

Selain itu, juga akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC, dan Pemerintah Indonesia untuk empat hal sebagai berikut :

1. Membangun standar keamanan stadion, untuk stadion-stadion yang ada di negara kita Indonesia.

2. Memformulasikan standar protokol dan prosedur pengamanan, yang dilakukan oleh pihak kepolisian, berdasarkan standar keamanan internasional.

3. Kita juga akan bersama-sama melakukan sosialisasi dan diskusi dengan klub-klub bola di Indonesia, termasuk perwakilan suporter untuk mendapatkan saran dan masukan, serta komitmen bersama," papar Jokowi.

4. Tentang pengaturan jadwal pertandingan yang memperhitungkan potensi-potensi risiko yang ada.

5. Pendampingan dari para ahli di bidangnya.

Nanti Presiden FIFA akan ke datang ke Indonesia pada Oktober atau November mendatang,  untuk berdiskusi dengan pemerintah. (rm.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo