TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

KCJB Terkoneksi LRT Dan KA Feeder, Jakarta-Bandung Cuma 1 Jam

Laporan: AY
Senin, 05 Desember 2022 | 10:57 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau Stasiun KCJB di Bandung beberapa waktu yang lalu. (Ist)
Presiden Jokowi saat meninjau Stasiun KCJB di Bandung beberapa waktu yang lalu. (Ist)

JAKARTA - Indonesia (Persero) atau KAI tengah menyiapkan dua layanan kereta api, yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandung, dengan Stasiun Kereta Cepat. Demi mendukung konektivitas Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Layanan tersebut adalah LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB.

Hadirnya LRT Jabodebek dan KA Feeder ini  akan mempermudah konektivitas masyarakat untuk menuju stasiun KCJB. Melalui sistem transportasi yang bebas macet dan tepat waktu,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya, Senin (5/12).

Dengan menggunakan LRT Jabodebek, pelanggan cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim.

Pelanggan nantinya dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim, ke Stasiun KCJB Halim. Karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Untuk memudahkan masyarakat, headway LRT Jabodebek rute Dukuh Atas - Halim saat jam sibuk dapat mencapai 8 menit sekali.

Hal itu dapat direalisasikan  karena KAI sudah menerapkan teknologi paling modern dalam operasional LRT Jabodebek.

"Masyarakat juga dapat menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun yang terkoneksi dengan LRT Jabodebek  yaitu Stasiun Sudirman dan Cawang. Selanjutnya, meneruskan perjalanan menggunakan LRT ke Stasiun KCJB Halim," jelas Joni.

Setelah menempuh perjalanan LRT Jabodebek selama 20 menit, perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang, akan ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA Feeder, yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB.

Waktu tempuh KA Feeder KCJB.menuju Stasiun Bandung, cuma 18 menit.

"Dengan menggunakan layanan kereta api yang sudah terkoneksi, total waktu yang dibutuhkan antar pusat Kota Jakarta dan Bandung hanya sekitar satu jam perjalanan," kata Joni.

Dengan teknologi dan SDM terbaik, KAI akan memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api tersebut beroperasi tepat waktu, seperti layanan KAI yang sudah ada saat ini.

KAI terus mempersiapkan sarana dan prasana untuk operasional KA Feeder KCJB.

Sarana KA Feeder berupa lima rangkaian KRDE dimana setiap rangkaiannya terdiri dari lima kereta.

Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 280 pelanggan.

Demi menambah kenyamanan pelanggan, KA Feeder KCJB dilengkapi dengan fasilitas rak bagasi dan toilet.

Untuk prasarana KA Feeder KCJB, saat ini pembangunan fisik Hall atau ruang tunggu khusus pelanggan KCJB di Stasiun Bandung dan Cimahi telah selesai 100 persen.

Sementara Stasiun Padalarang masih dalam proses pembangunan.

KAI dan KCIC saat ini sedang menyiapkan fasilitas dan standar pelayanan minimum untuk park and ride, serta ruang tunggu KA Feeder KCJB.

Joni menambahkan, KAI akan memastikan bahwa perpindahan antar moda, antar peron, ketersediaan ruang tunggu, dan fasilitas yang disediakan untuk pelanggan dibuat senyaman dan semudah mungkin.

Ini merupakan salah satu upaya KAI dalam menumbuhkan minat masyarakat, untuk beralih ke transportasi umum, melalui layanan kereta api yang saling terkoneksi dan terintegrasi.

“Kehadiran LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB, diharapkan mampu menjadi daya tarik masyarakat, untuk menggunakan KCJB yang merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara," tutur Joni.

KAI sebagai pemimpin konsorsium PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI), yang memiliki saham mayoritas dari Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), berkomitmen menuntaskan pembangunan kereta cepat. Sebagaimana harapan pemerintah dan masyarakat. 

Sumber berita rm.id :

https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/151708/kcjb-terkoneksi-lrt-dan-ka-feeder-jakartabandung-cuma-1-jam

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo