TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo
Menyambut HPN 2023

PWI Pusat Gelar Anugerah jurnalistik Adinegoro,Pendaftar Meningkat

Oleh: Mg1
Rabu, 04 Januari 2023 | 09:40 WIB
Rapat dalam rangka persiapan HPN 2023 di kantor PWI Pusat. (tangselos.id/ay)
Rapat dalam rangka persiapan HPN 2023 di kantor PWI Pusat. (tangselos.id/ay)

JAKARTA - Sebanyak 724 karya jurnalistik berkompetisi di Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 yang terdaftar pada periode 14 Oktober - 30 November 2022. Proses penjurian pun telah dilakukan selama Desember 2022 secara hybdrid di Sektretariat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Jakarta.

Pada tahun ini, terdapat kategori baru yang diperlombakan yaitu liputan kedalaman untuk video di media sosial. Namun, enam kategori lainnya yang biasa diperlombakan adalah liputan kedalaman untuk media cetak, liputan kedalaman untuk media siber, liputan kedalaman untuk media televisi, liputan kedalaman untuk media radio, foto berita untuk media cetak dan media siber, serta karikatur opini untuk media cetak dan media siber.

Ketua Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro PWI Pusat, Rita Sri Hartuti, menjelaskan bahwa komposisi pendaftar Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022 yang terbanyak diikuti adalah karya media siber, dengan 34%. Sisanya, 5% radio, 17% media cetak, 13% media televisi, 14% karikatur opini, 8% foto jurnalistik, dan 9% karya jurnalistik video.

Karya-karya tersebut dinilai oleh dewan juri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesuai dengan kriteria pengalaman. Sebelumnya, karya tersebut telah melewati proses seleksi berdasarkan kelengkapan administrasi.

Lebih lanjut, Rita mengatakan bahwa terdapat peningkatan jumlah karya jurnalistik yang diperlombakan di tahun ini, jika dibandingkan di awal-awal pandemi Covid-19.

“Awal pandemi tahun 2020 sempat drop hingga 583 pendaftar,” katanya.

Rita menambahkan, para dewan juri pun tekah melakukan tugasnya dengan baik. Proses penilaiannya pun berjalan dengan serius, terlihat dari adanya perdebatan yang seru antara mereka.

“Betapa tidak, karya-karya yang menang ini diseleksi melalui proses penilaian yang terbilang detail. Dengan perdebatan yang seru di antara masing-masing juri,” ujarnya.

Para peserta akan memperebutkan hadiah senilai Rp 30 juta, trofi Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022, serta Piagam Penghargaan dari PWI Pusat/Panitia HPN 2023 yang akan diserahkan pada Hari pers Nasional 9 Februari mendatang, di hadapan Presiden RI Joko Widodo.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo