TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Posyandu Prima Bakal Dibangun Di Villa Cinere Mas

Cukupi Layanan Kesehatan Di Pisangan

Laporan: Sudin Antoro
Senin, 06 Maret 2023 | 07:49 WIB
Warga Villa Cinere Mas menyambut kedatangan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan saat mengunjungi balai warga serta peninjauan titik rencana pembangunan posyandu prima.
Warga Villa Cinere Mas menyambut kedatangan Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan saat mengunjungi balai warga serta peninjauan titik rencana pembangunan posyandu prima.

CIPUTAT TIMUR-Guna memenuhi kebutuhan layanan dasar  pada aspek Kesehatan, di wilayah RW 13 Villa Cinere Mas, Kelurahan Pisangan bakal didirikan Posyandu Prima. Program ini berasal dari pemerintah pusat.

Merespon antusias masyarakat di 8 RT wilayah RW 13 ini, Lurah Pisangan Tb Apriliadhi, Camat Ciputat Timur, Hamdani HS mendampingi Wakil Wali Kota Tangsel Pilar  Saga Ichsan meninjau lokasi yang akan dibangun posyandu prima atau dengan kata lain puskesmas pembantu.

Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan menyampaikan jika dirinya diajak oleh  RW setempat untuk mengunjungi balai warga seusai meresmikan jembatan  di Villa Cinere Mas, yang Insya Allah ada aktifitas posyandu  dan posbindu. Mudah-mudahan masyarakat mendukung program ini. Karena memberikan dampak positif untuk pelayanan kesehatan masyarakat.

“Ini merupakan langkah awal untuk mengecek kesehatan yakni di posyandu atau posbindu serta puskesmas. Jadi berterima kasih atas  nama Pemkot Tangsel kepada warga masyarakat Cinere Mas yang sudah aktif mendukung program pemerintah  terutama dalam masalah Kesehatan,” ujar Pilar.     

Lurah Pisangan Tb Apriliadhi, menjelaskan posyandu prima di Tangsel baru akan ada di wilayah Pisangan. Senin hari ini dilangsungkan sosialisasi rencana kedepan seperti apa dan bagaimana posyandu prima dapat berjalan melayani masyarakat. Termasuk dibahas soal pembangunan gedungnya bersumber dari APBN atau dari yang lain.

“Alhamdulilalh saya dengan warga termasuk RT dan RW 013 sepakat bahwa RW 13 siap melaksanakan program Posyandu Prima.  Sampai detik ini bahwa Posyandu Prima di Tangsel hanya satu, yakni di Kelurahan Pisangan berani mengajukan. Dan kita siap menerima posyandu itu,” ujar Tb.

Lanjut, RW 13 juga siap dibangunkan TPS3R serta bakal mengajukan pembangunan lapangan terpadu. Isinya basket, futsal, tenis dan badminton yang berlokasi di satu kawasan. Jadi mudah-mudahan harapan dengan Bapak Wakil Wali Kota meninjau langsung hutan kota, yang ada di Villa Cinere Mas  ditumbuhi pohon pinus akan dieksplor lagi. Mudah-mudahan apa yang diinginkan warga bisa terlaksana.

“Senin ini sudah dimulai, yang mana Posyandu Prima adalah kata lain sebagai puskesmas pembantu. Karena tidak mungkin satu kelurahan memiliki dua puskesmas. Hanya karena kebutuhan yang mendesak perlu pelayanan puskesmas. Kenapa diadakan lagi puskesmas lagi karena jaraknya jauh. Dan ternyata dari pemerintah pusat ada program Posyandu prima dengan pelayanan sama. Nanti dalam sosialisasi akan dibahas soal penganggaran pembangunan bersumber dari mana,” tambah ia.

Ketua RW 013 Villa Cinere Mas Hendri, menambahkan soal program posyandu prima dapat membantu warga dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Kalau ke puskesmas Pisangan jauh. Dan jika ada di sini bisa diakses oleh warga yang lain.

“Tentu kalau memang bisa kenapa tidak. Kita juga harus jaga trafficnya. Karena warga  sangat sensitive soal kerumunan dan juga bisa dikelola dengan benar,” paparnya.

Lanjut ia, untuk lahan yang akan digunakan mendukung, dan sudah diskusi dengan para RT. Bahkan  hingga saat ini sudah ada 40 orang yang mendaftar, meski  baru dibuka dua hari. Pendaftaran ini untuk kader posyandu. Jadi ini satu indikasi yang baik. Jika dibuat posyandu prima apa masyarakat mau mendaftar sebagai kader.

“Dengan jumlah kurang lebih 600 kepala keluarga terdiri dari 8 RT,” tukasnya.

Rencana awal bakal menggunakan balai warga seminggu sekali. Kondisikan supaya bisa melayani masyarakat. Maka akan dibuatkan tempat menyimpan obat-obatan dan lain sebagainya.

“Kalau demand sudah tinggi baru kita bangun,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo