TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Lokasi Ngabuburit, Al Qur'an Beragam Ukuran

Melihat Acara Tangsel Islamic Book Fair 2023 Di Islamic Center

Laporan: Sudin Antoro
Senin, 27 Maret 2023 | 07:11 WIB
Tangsel Islamic Book Fair dibuka sejak 25 Maret hingga 2 April berlokasi di Islamic Center Serpong Tangsel. Menyediakan berbagai ragam bacaan Islami. Arena ini juga cocok untuk dijadikan ngabuburit jelang berbuka puasa.
Tangsel Islamic Book Fair dibuka sejak 25 Maret hingga 2 April berlokasi di Islamic Center Serpong Tangsel. Menyediakan berbagai ragam bacaan Islami. Arena ini juga cocok untuk dijadikan ngabuburit jelang berbuka puasa.

SERPONG - Anda sedang mencari buku-buku Islami? Tak salah jika Anda datang ke Tangsel Islamic Book Fair 2023 yang berlangsung selama 25 Maret hingga 2 April 2023, di Islamic Center, Serpong. Pameran ini digelar berkat kerja sama Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Banten dengan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Tangsel.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Tangsel, Benyamin Davnie bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Tangsel, Bambang Noertjahjo serta Ketua DPRD Tangsel, Abdul Rasyid membuka pameran ini pada Sabtu (25/3).
 Menurut Benyamin yang juga sebagai Wali Kota Tangsel, pameran buku ini bagian dari dorongan literasi di kota bermotto cerdas, modern, dan religius. Bertepatan di bulan Ramadan, sangat pas mengadakan pameran buku-buku Islami.

"Mari kita mulai dengan Bismillah, semoga pameran buku Tangsel Islamic Book Fair yang diselenggarakan selama 9 hari ini dihadiri banyak warga dan pegiat literasi," tutur Benyamin.
 Benyamin mengungkapkan, upaya mencerdaskan masyarakat, perlu kolaborasi berbagai pihak, selain memang pemerintah menjadi garda terdepan, perlu disokong organisasi-organisasi yang ada di Tangsel.
 Lembaga ICMI salah satu tempat berkumpulnya para cendekiawan Islam, yang berada di tingkat daerah hingga nasional. Perkumpulan para doktor, profesor, para cendikia, kiyai dan berbagai ahli bidang masing-masing keilmuan.

"Termasuk bersama ICMI Orda Tangsel yang menggagas agenda ini bisa terwujud serta Ikapi (Ikatan Penerbit Indonesia) Banten dan Out of The Box," tambahnya.
 Benyamin melanjutkan, langkah inilah yang harus terus dilakukan dan berkesinambungan dalam rangka membentuk masyarakat yang cinta akan literasi. Kota Tangsel sendiri memiliki banyak Taman Baca Masyarakat (TBM).
 "Jadi kita evaluasi nanti buku-buku mana yang paling banyak dicari, yang kurang dan sebagainya, karena ke depan kita juga ada International Book Fair. Kita persiapkan untuk hadir nanti ke acara tersebut," ujarnya.

Bagi masyarakat Tangsel yang hendak mencari buku-buku Islami untuk mengisi selama Ramadan bisa datang ke tempat ini. Al Qur'an dengan berbagai ukuran, untuk para orangtua atau lansia, khususnya turut disajikan. Berbagai ukuran memberikan pilihan bagi masyarakat sehingga nyaman untuk dibaca selama Ramadan.   
 Sementara, Ketua Ikapi Banten, Andi Suhud menyampaikan apresiasi kepada Pemkot bersama ICMI Orda Tangsel yang telah menggagas pameran ini. "Kalau ada kegiatan literasi seperti ini, saya selalu bergetar. Bagaimanapun juga Banten ini kita kan tahu tokoh literasi dunia itu dari Banten, Syekh Nawawi Al-Bantani. Belum lagi duta baca Indonesia, Gola A Gong tahun ini juga berasal dari Banten," tukasnya.

Dia menerangkan, Tangsel Islamic Book Fair ini merupakan perhelatan buku nasional pertama kali di Banten, termasuk Tangsel. "Mudah-mudahan ini jadi acara yang bisa berlanjut ke depan, dan membuat Banten semakin baik," tuturnya.
 Dalam acara ini juga dilakukan penyerahan cendera mata dari Ikapi berupa buku dan prangko Habibie-Ainun kepada Benyamin Davnie.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo