TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ratusan Calon Jamaah Haji Asal Tangsel Mengikuti Bimsik 2023

Laporan: Sudin Antoro
Senin, 15 Mei 2023 | 07:00 WIB
Ratusan Jamaah Haji Kota Tangsel mengikuti bimbingan manasik haji (Bimsik). Digelar selama dua hari Sabtu-Minggu (13-14/5), yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan. (din)
Ratusan Jamaah Haji Kota Tangsel mengikuti bimbingan manasik haji (Bimsik). Digelar selama dua hari Sabtu-Minggu (13-14/5), yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Tangsel Pilar Saga Ichsan. (din)

SERPONG – Ratusan calon Jamaah haji asal Kota Tangsel mengikuti Bimbingan Manasik (Bimsik) haji tingkat Kota Tangsel  Sabtu -Minggu (13-14/05). Berlokasi di gedung Serbaguna MAN Insan Cendikia Serpong.
Kegiatan Bimsik dibuka oleh wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ihsan, dan turut dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Dedi Mahfudin, Kabid PHU Kemenag Banten, Ahmad Bahir El Ghozali, Kabag Kesra Pemkot Tangsel, Yahya Sutaemi, Kasi PHU, M. Bahtera Yudha, MUI Tangsel, KH. Hasan Musthofi, para petugas haji, pimpinan KBIH se-kota Tangsel, dan panitia.
Wakil Wali Kota Pilar  berpesan kepada para calon Jamaah haji agar mengikuti kegiatan Bimsik ini dengan serius, agar saat di tanah suci dapat melakukan ibadah dengan baik.

“Jaga kesehatan, olahraga, makan teratur dan minum vitamin agar saat berangkat dan selama berada di tanah suci bapak ibu dalam kondisi yang sehat,” pesannya saat pembukaan Sabtu.
Ditegaskanya, Pemkot Tangsel bersama Kemenag Tangsel berkomitmen akan melayani Jamaah haji Kota Tangsel, baik sebelum berangkat, saat di tanah suci, hingga kembali ke tanah air.
“Yang terpenting adalah niat. Niatkan dari sekarang bahwa bapak ibu berangkat ke tanah suci semata-mata untuk ibadah menjalankan rukun Islam yang kelima. Insya Allah kalau niatnya lurus, bapak ibu akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut dirinya menegaskan pihak Pemkot akan menyiapkan bus untuk mengangkut Jamaah haji ke Asrama Haji Pondok Gede, Bandara, dan menjemput saat kepulangan.
“Kami mengingatkan untuk menjaga kesehatan, makan dan minum yang teratur. Naikkan kualitas sabar selama menjalankan ibadah di tanah suci. Kami juga mohon kepada bapak dan ibu, nanti saat di tanah suci agar mendoakan kami, khususnya para pemimpin di kota Tangsel agar dapat menjalankan tugas dengan amanah,” ucapnya.
Turut  diperkenalkan para petugas haji, mulai dari petugas Kloter (TPHI), pembimbing ibadah (TPIHI), petugas haji daerah (TPHD), dan petugas kesehatan (TKHI).

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, Dedi Mahfudin, menjelaskan pada tahun 2023 ini jumlah calon Jamaah haji asal Tangsel yang telah melunasi BPIH mencapai 1.091 orang, yang terbagi dalam 5 Kloter. Pada musim haji tahun ini Kementerian Agama mengambil hastag #HajiRamahLansia
“Hastag atau slogan Haji Ramah Lansia ini diambil mengingat sebagian besar Jamaah haji Indonesia adalah para lansia yang telah menunggu lama. Maka Kementerian Agama berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, khususnya kepada para lansia,” jelasnya.

Kepala Kantor juga menegaskan walaupun mungkin sudah mengikuti manasik haji, para calon Jamaah haji harus tetap mengikuti manasik ini.
“Walaupun bapak ibu telah mengikuti manasik, tapi harus tetap mengikuti manasik ini, baik di tingkat Kota Tangsel maupun di tingkat KUA kecamatan, agar mengetahui kebijakan baru dari Pemerintah,” ujarnya.
 Bimbingan Manasik Haji ini merupakan fasilitas yang diberikan Pemerintah kepada calon Jamaah haji. Di tingkat kota diadakan sebanyak dua pertemuan, dan tingkat KUA kecamatan sebanyak enam kali pertemuan.
Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, Sabtu-Ahad, 13-14 Mei 2023. Setelah itu dilanjutkan dengan bimbingan manasik haji tingkat kecamatan pada Senin-Sabtu, 15-20 Mei 2023 di masing-masing KUA.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo