TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Prabowo Subianto Kantongi Lima Kandidat Cawapres

Karyono Wibowo: Prabowo-Muhaimin Belum Meyakinkan

Laporan: AY
Jumat, 26 Mei 2023 | 10:15 WIB
Karyono Wibowo direktur IPI. Foto : Ist
Karyono Wibowo direktur IPI. Foto : Ist

JAKARTA - Meski Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sudah resmi berkoalisi dan sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai Calon Presiden (Cap­res), tapi hingga kini belum jelas siapa calon wakil presiden (Cawapres)-nya.

Padahal, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sudah menyodorkan diri untuk menjadi Cawapres. Tapi, masih digantung.

Indikasi bahwa Gerindra masih menggantung posisi Cak Imin, dapat dibaca dari pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo. Bukannya menguatkan po­sisi Cak Imin, Hashim malah menyatakan ada 4 hingga 5 nama yang berpeluang kuat jadi cawapresnya Prabowo.

Hal itu disampaikan Hashim seusai menghadiri pelantikan dan deklarasi Relawan Prabowo 08 Jatim di Surabaya, Sabtu (20/5).

Namun, adik Prabowo ini masih merahasiakan nama lima Cawapres itu. Yang jelas, soal nama Cawapres, harus disetujui juga oleh PKB. "Itu ada dalam kesepakatan antara Gerindra dan PKB," ujarnya.

Ketua DPP PKB Luluk Nur Hamidah mengaku tak memperma­salahkan pernyataan Hashim tersebut. "Pernyataan itu, salah satu proses yang baik-baik saja. Kami anggap penghormatan bahwa Cak Imin akan dipilih sebagai Cawapres, setelah melalui proses penjaringan dari sekian banyak kandidat," ujar Luluk.

Tapi, yang menjadi pertanyaan, siapa lima Cawapres itu? Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wi­bowo menduga bahwa lima nama itu, tidak jauh-jauh dari yang sudah beredar di publik.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Karyono Wibowo mengenai hal tersebut.

Versi Hashim Djojohadikusumo, ada lima Cawapres untuk Prabowo. Apa maksudnya?

Dalam kaca mata politik, saya kira pernyataan Hashim ini menyiratkan bahwa Gerindra dan Prabowo masih belum yakin dengan sosok Cak Imin untuk menjadi Cawapres.

Kenapa begitu?

Karena, dari berbagai simulasi lem­baga survei nasional, duet Prabowo- Cak Imin belum begitu kuat dan meyakinkan masyarakat Indonesia. Hasilnya belum begitu memuaskan untuk mengalahkan calon yang lain. Untuk itu, Gerindra dan Prabowo mencari calon alternatif yang bisa memenangkan pertarungan.

Karena, dari berbagai simulasi lem­baga survei nasional, duet Prabowo- Cak Imin belum begitu kuat dan meyakinkan masyarakat Indonesia. Hasilnya belum begitu memuaskan untuk mengalahkan calon yang lain. Untuk itu, Gerindra dan Prabowo mencari calon alternatif yang bisa memenangkan pertarungan. (RM.id)

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo