TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kenakan Selendang & Ikat Kepala, Pilar Kenalkan Batik Khas Tangsel pada Karnaval Budaya di Makassar

Laporan: Rachman Deniansyah
Rabu, 12 Juli 2023 | 21:04 WIB
Foto  : Ist
Foto : Ist

MAKASSAR - Kekayaan budaya Tangerang Selatan (Tangsel) dipertunjukkan dalam ajang Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang berlangsung di Makassar, Rabu (12/7/2023). 

Segudang kebudayaan yang menjadi ciri khas dan identitas Tangsel ini dipertunjukkan langsung dalam salah satu rangkaian acara yang dinamakan Karnaval Budaya Rakernas Apeksi. 

Mukai dari tarian, musik tradisional, hingga pakaian, dan batik khas Tangsel dipamerkan dalam ajang bertaraf nasional tersebut. 

Pada barisan terdepan, terlihat Wakil Wali kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan beserta istri, Sekretaris Daerah (Sekda), Bambang Noertjahjo, beserta seluruh kepala dinas ikut dalam barisan karnaval tersebut. 

Balutan selendang dan ikat kepala bermotif batik khas Tangsel berwarna cokelat, menambah keindahan rombongan barisan. 

"Saya pakai celana cokelat, pakai batik khas Tangerang Selatan, pakai ikat kepala batik khas Tangerang Selatan, beserta selendang. Ini ciri khas kita. Kurang lebih ada 150 orang," ujar Pilar. 

Selain dengan pakaian yang menampilkan budaya, rombongan asal Tangsel tersebut juga tampak diiringi oleh barisan para penari yang berasal dari wilayah termuda se-Provinsi Banten ini.

"Kemudian kita juga menampilkan gambang kromong juga, kain, dan baju karnaval dan lain sebagainya," imbuhnya. 

Pilar menyampaikan, ajang karnaval budaya ini menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan budaya yang dimiliki Tangsel. 

"Kita kenalkan apa itu Tangerang Selatan. Tangsel secara budaya sudah masuk modern. Berbagai macam akulturasi budaya terjadi di Tangerang Selatan," tandasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo