TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Ketimbang Ke Prabowo, Gibran Lebih Pro-Ganjar

Oleh: Farhan
Minggu, 23 Juli 2023 | 08:47 WIB
Foto : Ist
Foto : Ist

JAKARTA - Selain sikap Presiden Jokowi, sikap tegas putra sulung presiden, Gibran Rakabuming Raka di Pilpres nanti, sangat dinantikan publik. Apakah dukung Ganjar Pranowo atau akan berlabuh ke Prabowo Subianto? Gibran mengaku dekat dengan semua capres. Namun, dia mengaku lebih dekat dengan Ganjar.

Seharian kemarin, Ganjar mengisi kegiatan di Bogor, Jawa Barat. Yang menarik, dalam safari politik kali ini, ada Gibran. Walikota Solo itu, ikut mendampingi Ganjar saat berkeliling menyapa warga. Ditanya kenapa ikut Ganjar, Gibran mengaku karena dirinya memang dekat dengan Ganjar.

Ganjar mengawali aktivitas blusukan di Bogor dengan lari pagi. Capres dari PDIP itu tampil sporty dengan kaos lengan panjang warna hitam. Ganjar mulai turun ke jalan sekitar pukul 6.30 pagi.

Gubernur Jawa Tengah itu, tidak datang sendirian. Gibran yang tampil sporty dengan kaos olah raga warna abu-abu, ikut lari di samping Ganjar. Selain Gibran, Ganjar juga didampingi Walikota Bogor Bima Arya.

Sejumlah politisi PDIP juga ikut mengawal Ganjar, antara lain Adian Napitupulu, Panda Nababan, hingga Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono. Kehadiran sejumlah artis membuat acara lagi pagi Ganjar ini, menjadi lebih meriah dan semarak. Beberapa selebriti yang ikut lari adalah Anang Hermansyah dan Ashanty, Thariq Halilintar hingga penyanyi Andre Hehanusa.

Ganjar memulai lari pagi dari depan PT Argha Karya Prima menuju Pasar Citeureup. Sepanjang jalan, sejumlah ibu-ibu memberhentikan Ganjar, ngajak salaman dan berfoto. Ganjar dengan ramah melayani permintaan tersebut.

Setiba di Pasar Citeureup, Ganjar masuk ke dalam pasar, menyapa para pedagang dan pembeli. Gibran terus membuntuti dari belakang. Kehadiran Ganjar dan Gibran ini membuat para pedagang antusias.

Para pedagang dan pembeli memanfaatkan kehadiran Ganjar untuk berkeluh kesah. Beberapa pembeli mengeluhkan soal harga bahan pokok. Sementara pedagang ayam curhat soal tingginya harga daging ayam. Dari kios daging ayam, Ganjar menyapa lapak pedagang telur dan sayur. Usai menyapa para pedagang, Ganjar dan rombongan menyempatkan menyeruput kopi di kios yang berada dalam pasar.

Usai berkeliling pasar, Ganjar melanjutkan kegiatan di acara konsolidasi lintas partai di GOR Laga Tangkas Pakansari, Cibinong. Dari sana, Ganjar dan Gibran bertemu dengan 500 orang Gen Z se-Kabupaten Bogor di Saung Berkah, Setu Lebakwangi, Cibinong. Acara tersebut dihadiri sejumlah musisi dan artis papan atas, antara lain Once Mekel, Anang Hermansyah, Ashanty, Dira Sugandhi, Andre Hehanusa, dan Marchel.

Dalam acara itu, Ganjar menyampaikan komitmennya untuk membangun industri kreatif Tanah Air. Salah satu caranya adalah membangun creative hub di seluruh Indonesia.

Menurut dia, industri kreatif saat ini masih jakartasentris. Karena itu, perlu membuat ruang kreasi sebanyak-banyaknya agar kreativitas anak muda bisa tersalurkan.

“Selain optimalisasi sumber daya alam, sudah saatnya kita mengembangkan sumber daya manusia agar industri kreatif bisa muncul. Dan creative hub adalah salah satu caranya,” ucapnya.

Kehadiran Gibran

Gibran mengatakan, kehadirannya dalam kegiatan blusukan Ganjar tersebut tidak dalam rangka mewakili bapaknya, Presiden Jokowi.

Ditanya soal kedekatannya dengan Capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Gibran tak membantah. Suami Selvi Ananda itu, mengaku dekat dengan semua capres.

Saya dekat dengan semua. Pak Prabowo, Pak Anies. (Tapi) Paling dekat, ya, sama Pak Ganjar,” ujar Gibran, saat ditemui di Saung Berkah.

Ditanya soal dukungan kepada Ganjar, Gibran bilang tinggal menunggu waktu. “Kampanye kan belum dimulai,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar menegaskan, kehadiran Gibran di acara blusukan tersebut sebagai bentuk dukungan kepadanya. “Saya kira interpretasinya tunggal. Tak ada interpretasi lain,” kata Ganjar.

Ganjar mengungkapkan, sebagai kader PDIP, Gibran juga nantinya akan menjadi juru kampanye. Soal kedekatan, Ganjar juga mengaku dekat dengan Gibran. Ia lalu menceritakan pengalamannya menjadi jurkam saat kampanye Gibran di Pilkada Solo.

Ganjar mengatakan, Gibran siap ikut kampanye. Salah satunya ditandai dengan acara di Solo yang rencananya digelar hari ini.1

Wakil Ketua Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres, PDIP Adian Napitupulu menegaskan, kehadiran Gibran sebagai1 bentuk dukungan kepada Ganjar.

“Kehadiran dalam rangkaian acara ini, ini lah keberpihakan,” kata Adian, kemarin.1

Kata dia, kehadiran Gibran ini lebih kuat dari argumentasi apapun. Bahwa Gibran mendukung Ganjar memang benar adanya. Adian pun menyakini, Gibran bakal totalitas mendukung Ganjar.

Bahkan, kata dia, Presiden Jokowi pun nanti akan turun langsung mendukung dan mengkampanyekan Ganjar jika sudah waktunya.

Pengamat Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing menilai kehadiran Gibran dan ditunjuknya Gibran sebagai jurkam sebagai langkah yang tepat. Pasalnya, Gibran adalah representasi sosok tokoh muda, khususnya generasi milenial dan generasi Z. Gibran sosok tokoh muda yang positif dan dikenal masyarakat luas.

“Ia bisa meraup suara pemilih pemula khususnya generasi milenial dan generasi Z yang jumlahnya sekarang 50 persen lebih,” kata Emrus, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Dari prediksi Emrus, elektabilitas Ganjar bisa meningkat pesat karena Gibran sebagai juru kampanye. “Penunjukan Gibran sebagai juru kampanye juga sebagai simbol non verbal bahwa keluarga Presiden Jokowi mendukung pencapresan Ganjar,” tutupnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo