TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Meski Mendukung Ganjar, PSI Tidak Ikut Pelatihan Jurkamnas

Hendrawan Supratikno : Kami Gembira Jika Dukungan PSI Nyata

Oleh: Farhan
Senin, 24 Juli 2023 | 08:00 WIB
Foto :Ist
Foto :Ist

JAKARTA - Koalisi pendukung Ganjar Pranowo yang dipimpin PDIP telah menggelar pelatihan juru kampanye nasional (Jurkamnas).

Namun, tidak ada perwakilan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang mengikuti pelatihan ini. Padahal, PSI jauh-jauh hari sudah menyatakan mendukung Ganjar melalui ajang rembuk rakyat.

Namun, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya masih menunggu sikap resmi PSI tentang dukungan kepada Ganjar.

"Kami tunggu mereka yang akan menyatakan dukungan kepada Pak Ganjar. Kan harus menyampaikan suatu niatan, sehingga kerja sama itu dari dua belah pihak," ucapnya di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Ketika ada pihak-pihak yang menyatakan niatnya mendukung Ganjar, lanjut Hasto, tentu akan ditindaklanjuti proses komunikasi antar partai politik.

Hingga saat itu, Hasto mengaku belum ada komunikasi dengan PSI tentang deklarasi resmi untuk mendukung Ganjar Pranowo.

Sedangkan Juru Bicara PSI Sigit Widodo mengaku, pihaknya tidak tersinggung atau tidak marah, meskipun tidak diajak. "Itu hak PDIP dan partai-partai lain yang tergabung dalam Jurkamnas Ganjar," ujarnya.

Politisi PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, PSI belum diajak hanya karena belum terjalinnya komunikasi PSI dengan para pengusung Ganjar.

Untuk lebih jelasnya, berikut wawancara dengan Hendrawan Supratikno mengenai hal tersebut.

PSI mendukung Ganjar, tapi tak diajak dalam pelatihan Jurkamnas. Tanggapan Anda?

Saya belum dikasih update ten­tang info terkini. Namun, kami tentu bergembira bila dukungan PSI itu ril (nyata), bukan sekadar manuver sesaat.

Ketidakhadiran PSI dalam pelatihan Jurkamnas itu karena tak diundang. Respons Anda?

Mungkin komunikasi yang dibangun, masih sporadis, belum terta­nam dan teranyam dalam kesatuan pandang dan gerakan.

Ke depannya, apakah PSI akan diundang?

Pada saatnya, setelah semua jelas, pasti diundang. Pada pelatihan beri­kut, PSI bisa dilibatkan. Selain pela­tihan Jurkam, komunikasi politik PSI dengan partai-partai yang sudah me­nyatakan dukungan kepada Ganjar, juga harus terus dibangun.

Harus kompak jika targetnya menang ya?

Niat dan arus dukungan tersebut, harus disatukan dengan aturan main dan mekanisme formal.

Sebenarnya, bagaimana respons PDIP tentang dukungan PSI terha­dap Ganjar?

Kami bergembira apabila Pak Ganjar didukung PSI. Dengan demikian, lebih banyak barisan anak muda yang memperkuat Ganjar.

Bagus dong jika begitu?

Iya bagus. Namun, dukungan tersebut hendaknya bukan sekadar pernyataan. Melainkan, dukungan ril, yang ditunjukkan dengan komit­men untuk terlibat dalam aktivasi ril di lapangan.

Apa harapan Anda tentang dukungan PSI terhadap Ganjar?

Pada tingkat individu, kami banyak mengenal teman-teman yang ada di PSI. Dalam banyak hal, terdapat kesa­maan pandang dan analisis tentang persoalan-persoalan Indonesia pada masa depan. Kami yakin, pikiran dan stamina juang teman-teman itu akan memberi kontribusi penting untuk kerja-kerja politik kebangsaan dan mesin elektoral Ganjar.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo