TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Awasi Tahapan Pemilu, Bawaslu Butuh Masukan Masyarakat

Laporan: Idral Mahdi
Rabu, 26 Juli 2023 | 07:16 WIB
Ist.
Ist.

SERPONG-Dalam melakukan pengawasan seluruh tahapan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangsel tidak bisa hanya bekerja sendiri, tetapi keterlibatan masyarakat dianggap sangat penting.

 Lantaran masyarakat bisa melihat langsung, bahkan menemukan langsung adanya dugaan pelanggaran Pemilu yang terjadi di lingkungannya.

 Ketua Bawaslu Kota Tangsel, Muhammad Acep meminta kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk lebih sering turun ke masyarakat.

 Di tengah tahapan yang berlangsung, Acep memastikan, bahwa ada banyak masukkan terkait dengan pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu dan Panwas Kecamatan.

 “Turun ke bawah atau turun ke masyarakat, ini untuk mendengar secara langsung apa saja yang menjadi masukan dari masyarakat. Dan bahkan bisa besar kemungkinannya ada temuan dari masyarakat terkait dugaan pelanggaran Pemilu,” ungkapnya.

 Masukan-masukan tersebut tentunya akan meningkatkan kualitas pengawasan terhadap tahapan yang sedang berlangsung.

 ”Kalau bisa, setidaknya seminggu sekali turun ke masyarakat, sekalian bersama PKD (Pengawas Kelurahaan dan Desa) untuk mengenalkan wilayah dan lainnya,” ujar Acep.

 Dengan mendekatkan diri kepada masyarakat, maka dipastikan ada berbagai informasi yang akan membantu kinerja pengawasan.

 “Karena dalam melakukan pengawasan, Bawaslu tidak bisa bekerja hanya mengandalkan dirinya sendiri, tetapi harus ada keterlibatan aktif dari masyarakat juga,” katanya.

 Acep juga menjelaskan, dengan turun langsung masyarakat tersebut sekaligus memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai proses yang telah berjalan saat ini.

 “Masyarakat juga kan ingin tahu prosesnya sudah sampai mana, maka sekalian juga ini menjadi program untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo