TangselCity

Pos Tangerang

Pos Banten

Politik

Olahraga

Nasional

Pendidikan

Ekonomi Bisnis

Galeri

Internasional

Selebritis

Lifestyle

Opini

Hukum

Advertorial

Kesehatan

Kriminal

Indeks

Dewan Pers SinPo

Kubu Ganjar Dan Kubu Prabowo Sama-sama Ge-eR Dan Saling Klaim

Laporan: AY
Sabtu, 29 Juli 2023 | 08:50 WIB
Foto : Setpres
Foto : Setpres

JAKARTA - Pernyataan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka yang menyebut Presiden Jokowi sudah punya satu jagoan di Pilpres mem­buat kubu Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto geer alias gede rasa. Mereka saling mengklaim jagoannya yang didukung Jokowi.

Kabar Jokowi sudah punya satu jagoan di Pilpres disampaikan Gi­bran usai makan siang bersama se­jumlah relawan Jokowi di Restoran Telaga Sampireun, Menteng, Ja­karta Pusat, Kamis (27/7).

"Sudah (ke satu Capres)," kata Gibran.

Namun, saat ditanya siapa jagoan Jokowi? Gibran eggan membeber­kan siapa bakal Capres yang didu­kung Jokowi. Hanya saja, ia memas­tikan dukungan telah mengerucut ke satu sosok.

Pernyataan Gibran itu bikin he­boh. Kubu Ganjar dan Prabowo merasa Capresnya yang akan di­jagokan Jokowi.

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi meyakini, Jokowi mendukung Ganjar di Pilpres 2024 mendatang. Alasan­nya, karena sesama politisi yang dibesarkan PDIP.

Selain dia, Ganjar menjadi salah satu sosok Capres yang berpeluang besar melanjutkan program-program Jokowi. "Kalaupun arah dukungan Jokowi su­dah ke satu Capres, ya secara rasional Pak Ganjar," ucap politisi yang akrab disapa Awiek itu di Jakarta, kemarin.

Senada, Ketua DPP Hanura Abdul Azis Khafia mengaku tidak ada alasan bagi Jokowi untuk tidak mendukung Ganjar. Sebab, keduanya merupakan politisi yang sukses berkat dukungan penuh dari partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Sampai detik ini Jokowi dan Ganjar masih satu atap kok di PDIP," ungkap Azis saat dihubungi Rakyat Merdeka (Tangsel Pos Grup) kemarin.

Bukan cuma pendukung Ganjar yang kegeeran. Pendukung Prabowo juga punya keyakinan Jokowi men­dukung Menteri Pertahanan itu di Pilpres 2024.

Politisi Gerindra, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo nyapres karena mendapat restu Jokowi. Makanya Gerindra yakin satu Capres yang didukung Jokowi adalah ketua umumnya. "Apabila Presiden mengizinkan beliau maju, dan ternyata sejak awal Pak Presiden mengizinkan," ujar Dahnil, kemarin.

Teman koalisi Gerindra, PKB juga mengklaim yang sama. Ketua DPP PKB Daniel Johan yakin dukungan itu jatuh ke Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Kalau dari bahasa tubuh belakang­an ini rasanya kok lebih ke Pak Prabo­wo yah, tapi ini kan hanya tebak-tebak menghibur,” kata Daniel, kemarin.

Namun, Daniel ragu kalau Jokowi akan membuka arah dukungannya ke publik. "Apa iya Pak Jokowi akan mengumumkan secara jelas dukun­gannya ke satu calon? Rasanya belum tentu seperti itu juga, kita tunggu saja nanti seperti apa,” tambah Daniel.

Apa tanggapan pengamat soal sikap kubu Ganjar dan Prabowo yang saling klaim capresnya didukung Jokowi? Pengamat Politik dari Universitas Airlangga, Prof Kacung Marijan mengatakan, persepsi publik kepada Jokowi masih sangat baik. Karena itu, arah dan dukungan Jokowi di Pilpres 2024 masih memiliki pengaruh.

"Wajar kalau Pak Ganjar dan Pak Prabowo ingin sekali dapat dukungan Pak Jokowi. Apalagi keduanya sangat dekat Pak Jokowi selama ini," tukas Prof Kacung kepada Rakyat Merde­ka (Tangsel Pos Grup), kemarin.

Kacung menduga, Jokowi akan mengumumkan siapa jagoannya di detik-detik akhir pendaftaran Capres. "Dalam situasi semacam itu, pendu­kung Pak Jokowi bisa jadi akan pecah. Karena mereka sudah mulai terbangun di dalam pendukung Pak Ganjar atau­pun Pak Prabowo," pungkasnya.

Komentar:
GROUP RAKYAT MERDEKA
sinpo
sinpo
sinpo